Seluruh PDP dan Pasien Positif COVID-19 akan Diisolasi di Ruang Tulip RSUD dr Darsono Pacitan

oleh -11 Dilihat
RSUD dr Darsono Pacitan. (Foto: Dwi Purnawan/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Semua pasien positif coronavirus disease 2019 (COVID-19) maupun pasien dalam pengawasan (PDP) dipastikan bakal menempati ruangan tulip di RSUD dr Darsono Pacitan sebagai tempat isolasi.

Hal tersebut merujuk Surat Edaran (SE) Direktur RSUD dr Darsono Pacitan, nomor 445/592/408.51/2020 tentang Penempatan Ruang Perawatan Rawat Inap Berdasarkan Penyakit di RSUD dr Darsono Kabupaten Pacitan.

Baca juga: Hari ini, Dua Pasien Positif COVID-19 Pacitan Mulai Jalani Isolasi di RSUD dr Darsono

Kasie Informasi, RSUD dr Darsono Pacitan, Suyatmi mengatakan, khusus pasien positif COVID-19, memang akan ditempatkan di rumah tulip selama menjalani masa isolasi.

“Ruang tulip memang dikhususkan untuk rawat inap bagi orang dalam pengawasan (ODP),  PDP COVID-19, terkonfirmasi dan gagal nafas, terkonfirmasi PDP rapid test positif,” katanya, Rabu (29/4/2020).

Selain itu, RSUD dr Darsono Pacitan juga memiliki kamar very important person (VIP), yaitu di paviliun Wijaya Kusuma.

Suyatmi. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Kamar VIP tersebut diperuntukkan bagi semua pasien yang berpenyakit, kecuali schizophrenia, penyakit paru menular airbone, tetanus, stroke, dan meningo enchepalitis.

“Seluruhnya ada 12 jenis kamar rawat inap di RSUD dr Darsono Pacitan, dengan berbagai ragam penyakit, termasuk kamar intensif care unit (ICU). Diantaranya Melati, Soka, Mawar, Flamboyan, Seruni dan Dahlia,” jelas Suyatmi.

Dua pasien positif  COVID-19 di Pacitan yang baru diumumkan Selasa (28/4) malam kemarin, oleh Bupati Indartato, dipastikan akan menjalani masa isolasi di RSUD dr Darsono Pacitan mulai Rabu (29/4/2020) hari ini.

Dua pasien baru tersebut menyusul dua pasien sebelumnya yang terlebih dahulu diisolasi di tempat yang sama.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan