Krisis RTK, Pemkab Pacitan Tunda Rapid Test Puluhan Warga

oleh -13397 views
Rapid Test Kit Coronavirus. (Foto: freepik.com)

Pacitanku.com, PACITAN –  Tak hanya krisis alat pelindung diri (APD), namun rapid test kit (RTK) di Pacitan juga terus menipis.

Juru bicara satuan gugus tugas (satgas) percepatan penanganan coronavirus disease 2019 COVID-19) Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto, mengatakan, sampai detik ini dari 120 RTK yang terkirim dari Pemprov Jatim.

Namun dari total 120 RTK tersebut, saat ini hanya tinggal menyisakan 60 RTK.

“Makanya kemarin gugus tugas hanya akan melakukan RTK terhadap 34 warga yang diduga pernah melakukan kontak langsung dengan salah seorang petugas medis di sebuah Polindes, yang saat ini statusnya positif corona atau covid conform,” kata Rachmad, Senin (13/4/2020).

Rachmad mengungkapkan, menurut informasi yang ia dapatkan dari gugus tugas bidang kesehatan, sejatinya ada kurang lebih 105 warga yang diduga pernah melakukan kontak langsung dengan pasien positif corona.

Baca juga: Hasil Rapid Test, Belasan Orang di Pacitan Negatif Corona

Ratusan warga tersebut, kata pria yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) ini, terjaring saat dilakukan tracking oleh gugus tugas.

“Namun sekali lagi, kita akan klasifikasi mana yang paling berisiko. Jumlah sementara ada 34. Tetapi hari ini rencananya akan dilaksanakan RTK sebanyak 40 orang. Sebab sekali lagi alat RTK kita sangat terbatas. Baru besok akan ada tambahan dari Pemprov Jatim sebanyak 150 biji,”pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan