Hasil Uji Swab, Orang Terdekat Pasien Positif Corona di Pacitan Dinyatakan Negatif COVID-19

oleh -131.016 views
Juru Bicara Satgas COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN — Sebelas warga Pacitan yang pernah melakukan rapid tes kit (RTK), sembilan orang diantaranya berstatus orang tanpa gejala (OTG).

Sedangkan dua lainnya, satu dinyatakan positif Corona. Ia adalah pasien dalam pengawasan (PDP) ke empat. Sedangkan satu PDP ke lima yang merupakan orang terdekat pasien positif Corona dinyatakan negatif Corona berdasarkan dari hasil uji swab di Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemenkes RI.

Juru bicara percepatan penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto mengatakan, saat ini status OTG ada sembilan orang, bukannya 11.

“Yang 11 itu orang yang pernah kontak dengan PDP nomor 4. Kemungkinan hari ini akan dilakukan rapid test sampai besok. Yang OTG juga,”ujarnya saat dihubungi melalui jaringan pribadi aplikasi chatting WhatsApp, Sabtu (11/4).

Sementara, kata Rachmad, yang dilakukan uji swab di Balitbang Kemenkes RI hanya 2, sementara yang lainnya di rapid test.

“Ada 15 perkembangan dari tracking Dinas Kesehatan. Yang di swab hanya PDP nomor 4 dan 5, dimana PDP nomor 4 positif COVID-19,”ujarnya.

Dengan perkembangan data tersebut, Rachmad meminta agar masyarakat tidak panik. Sebab PDP ke-5 yang merupakan pasien terdekat dengan pasien covid conform, hasil swabnya negatif.

“Jadi PDP ke-5 tersebut sangat dekat dengan pasien COVID-19 conform. Dan saat dilakukan uji swab hasilnya negatif. Untuk itu masyarakat jangan resah dan panik,”tandasnya.

Yang terpenting, kata dia, masyarakat harus tetap melakukan jaga jarak fisik atau physical distancing dan mengedepankan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Serta cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan air mengalir,”pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan