Ketua Bawaslu Pacitan Pastikan Pilbup Ditunda

oleh -13241 views
Ketua Bawaslu Pacitan, Berty Stevanus. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Wacana penundaan Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati serentak tahun 2020 tampaknya mendekati final.

Namun dari tiga skenario yang disampaikan Komisi II DPR RI, Mendagri dan KPU RI, terkait rencana penundaan Pilbup, sejauh ini masih dalam pembahasan.

Baca juga: Ketua Bawaslu Pacitan: Lebih Aman Pilbup Ditunda Satu Tahun

Ketua Bawaslu Pacitan, Berty Stevanus, mengatakan, memang hampir bisa dikatakan fixed, kalau Pilbup serentak akan ditunda, gegara pandemi global coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Hanya saja, Berty belum bisa memastikan skenario mana yang akan ditetapkan oleh pusat seiring wacana penundaan tersebut.

“Semua belum pasti, apakah Desember 2019, Maret 2021 atau September 2021, kita masih menunggu keputusan terbitnya Perppu,” kata Berty, disela-sela kegiatan bakti sosial hari jadi Bawaslu ke-12, Kamis (9/4/2020).

Baca juga: Bawaslu Pacitan: APBD Bisa Jebol Jika Pilbup Ditunda

Sekalipun baru sebatas wacana, namun Berty memastikan beberapa tahapan Pilbup saat ini sudah dihentikan. Tentu kegiatan yang berbasiskan anggaran juga berhenti. Kecuali honor tenaga pendukung non PNS, dan uang kehormatan lima komisioner Bawaslu.

 “Untuk kegiatan lainnya, hampir semua sudah berhenti. Kami masih menunggu keputusan dari pusat,” tegasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan