Cegah COVID-19, Pengusaha Ikan di Pacitan Bikin Chamber Disinfektan

oleh -13293 views
Chamber di Pacitan. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Sejumlah pengusaha ikan di Kabupaten Pacitan, ikut peduli dengan wabah coronavirus disease 2019 (COVID-19) yang tak kunjung ada kata reda.

Menurut keterangan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perikanan Pacitan, Sumorohadi, Senin (6/4/2020), mereka acara swadaya membuat chamber atau bilik untuk melakukan penyemprotan disinfektan.

“Semua kendaraan yang masuk pelabuhan  disemprot untuk steril virus corona, harapannya adalah untuk memutus mata rantai bersama-sama penyebaran virus corona di pelabuhan,”kata Sumorohadi.

Baca juga: Satlantas Polres Pacitan Gencarkan Disinfeksi, Pantang Pulang Sebelum Steril

Lebih lanjut, Sumorohadi mengatakan dengan adanya chamber untuk penyemprotan disinfektan, nelayan akan merasa aman ketika melaksanakan kegiatan di pelabuhan.

“Dari pemerintah yang diwakili Dinas Perikanan dan UPT Pelabuhan Perikanan Provinsi Jatim, mengaprisiasi para pengusaha dan mengucapkan terimakasih atas partisipasi mendirikan bilik desinfektan secara mandiri,” tuturnya.

Disinfeksi menjadi harapan masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran infeksi COVID-19, setelah upaya physical distancing atau pembatasan jarak.

Disinfeksi yang merupakan proses dekontaminasi untuk membunuh mikroorganisme pada benda mati ini sangat diandalkan oleh masyarakat.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan