Satlantas Polres Pacitan Gencarkan Disinfeksi, Pantang Pulang Sebelum Steril

oleh -13327 views

Pacitanku.com, PACITAN – sudah dua pekan ini, saat wabah virus corona merebak, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Pacitan memiliki tugas tak seperti biasanya.

Jika biasanya para petugas Lantas turun ke jalan untuk mengatur dan menertibkan pengendara motor, kini mereka bersatu padu turun kejalan bukan untuk mengatur lalu lintas melainkan melakukan disinfeksi dengan menyemprotkan cairan disinfektan ke setiap armada bus dan penumpang yang turun di terminal bus Kabupaten Pacitan.

Bukan hanya di terminal, aktivitas penyemprotan ini juga dilakukan di tempat tempat umum, seperti masjid, jalan jalan protokol kota, pasar, dan beberapa pondok pesantren.

Usaha ini dilakukan dalam rangka sterilisasi area umum dan penumpang yang  datang dari daerah terpapar coronavirus disease 2019 (COVID-19).

“Meskipun bukan tugas pokok kami. Tapi kami tetap bergerak. Siapa lagi kalo bukan kita. Sederhana, ini demi keluarga dan saudara kita. Kalian tetap dirumah biar kami yang bergerak dan bekerja. Patuhi instruksi yang ada,” kata Bripka Dian Oktri, Rabu (1/4/2020).

Seakan tidak mengenal waktu, Satlantas Polres Pacitan bersama elemen masyarakat, relawan, bersatu melakukan screnning kepada para pendatang. Siang malam aktifitas sterilisasi ini dilakukan.

“Pantang pulang sebelum steril. Kami sadar ini berisiko bagi kami, tapi demi masyarakat kamiĀ  siap. Kami himbau juga kepada masyarakat, kerja keras kami tolong hargai dengan mematuhi social distancing, jangan tambah pekerjaan kami dengan ketidak pedulian kalian. Biarkan kami membantu mensterilkan lingkungan. Kalian dirumah saja,”imbuh Aipda Boby, anggota Satlantas polres Pacitan pada pewarta.

Perlu diketahui, social distancing adalah pembatasan sosial dalan rangka menekan penyebaran virus Corona. Belakangan, Presiden Joko Widodo mengganti istilah tersebut dengan physical distancing.

Pewarta: Julian Tondo/Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan