Satgas COVID-19 Lakukan Disinfeksi di Lingkungan Pendidikan di Pacitan

oleh -13346 views
Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf Nuri Wahyudi saat memimpin apel disinfeksi, Jumat (27/3/2020). (Foto: Putro Primanto)

Pacitanku.com, PACITAN – Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0801/Pacitan Letkol Inf Nuri Wahyudi mengatakan pada hari kedua penyemprotan disinfektan dari Satuan Gugus Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19) dilakukan di lingkungan pendidikan di Pacitan.

“Hari ini agenda gugus tugas Covid-19 ialah melaksanakan  penyemprotan disinfektan di lingkungan pendidikan, baik SD, SMP maupun SMA yang dilakukan serentak di seluruh kabupaten Pacitan,”kata Nuri, Jumat (27/3/2020) saat apel siaga di alun-alun Pacitan.

Pada hari kedua ini turut hadir sejumlah relawan dari Satgas COVID-19 Pacitan, diantaranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan, TNI, Polres Pacitan, Dinas Kesehatan Pacitan, ormas maupun relawan.

Lebih lanjut, Nuri mengatakan, untuk di wilayah kota saat ini terbagi atas 4 kelompok dengan beberapa sekolah. Kegiatan disinfeksi ini, kata Nuri, juga dilakukan di Komando Rayon Militer (Koramil) se-Pacitan bersama Satgas Covid-19.

“Sampai saat ini belum ada kendala di tim disinfektan, himbauan saya bagi relawan maupun tim tetap laksankan SOP saat penyemprotan, jangan lupakan Alat Pelindung Diri (APD) dan tetap jaga jarak,”ujarnya.

Sementara, saat ditanya terkait kedatangan pendatang dari luar, Nuri mengatakan pihaknya sudah menyiapkan sejumlah pos terpadu.

“Selain tim disinfektan, gugus tugas Covid-19 juga telah menyiapkan sejumlah pos terpadu di perbatasan Pacitan-jogja, Pacitan-Solo, Pacitan-Ponorgo, maupun Pacitan-Trenggalek,”pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, agenda yang dilakukan serentak di tiga hari ini dilaksanakan selama tiga tahap. Pada kamis (26/3/2020) kemarin disinfeksi dimulai dengan penyemprotan fokus pada tempat tempat ibadah.

Berikutnya hari Jumat (27/3) menyasar sekolah atau tempat tempat pendidikan. Terakhir pada hari Sabtu (28/3) penyemprotan dilakukan di pasar, terminal dan tempat-tempat berkumpul masyarakat.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan