Wabup Minta Status PDP asal Pacitan di RSUD dr Iskak Tulungagung Segera Ada Kejelasan

oleh -13586 views
Petugas berpakaian APD lengkap berupa baju hazmat mendorong tempat tidur beroda tempat pasien berstatus dalam pengawasan Corona menuju ruang isolasi RSUD dr. Iskak Tulungagung, Jumat (13/3/2020) (ANTARA/Destyan Handri Sujarwoko)

Pacitanku.com, PACITAN –  Wakil Bupati Pacitan, Yudi Sumbogo, mendesak agar penanganan orang dalam pengawasan (ODP) ataupun pasien dalam pengawasan (PDP) coronavirus disease (COVID-19) segera ada kejelasan.

Sebab menurut Yudi, di Jakarta, dalam waktu enam jam tim media sudah bisa menyimpulkan ada atau tidaknya infeksi covid-19 dalam PDP.

Pernyataan itu ia sampaikan seiring penetapan status siaga COVID-19 yang ditetapkan gugus tugas penanganan coronavirus Pemkab Pacitan, Senin (16/3) kemarin.

Wabup Pacitan Yudi Sumbogo. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Baca juga: Kondisi PDP Asal Pacitan yang Dirawat di RSUD dr Iskak Tulungagung Dikabarkan Membaik

Wabup meminta agar pasien PDP asal Kecamatan Pringkuku, yang saat ini menjalani rawat inap di RSUD dr Iskak, Tulungagung, segera ada kejelasan.

“Kabarnya tanggal 19 Maret baru ada kejelasan. Kenapa kok lama sekali, harusnya seperti di Jakarta, enam jam harus bisa diketahui positif atau tidak pasien tersebut,” katanya, Selasa (17/3/2020).

Untuk itu, karena pemerintah sudah menetapkan bencana nasional non alam coronavirus, setidaknya rumah sakit dan puskesmas harus memiliki peralatan untuk sesegera mungkin mendeteksi PDP positif COVID-19 ataukah tidak.

“Seperti di Jakarta, enam jam harus bisa diketahui,” tukasnya.

Sementara itu, kemarin, dokter spesialis paru-paru, RSUD dr Darsono Pacitan, dr Royani, Spp menyatakan kalau PDP coronavirus asal Pacitan masih dalam observasi di RSUD dr Iskak Tulungagung. Kepastian terinfeksi covid-19 ataukah tidak baru diketahui tanggal 19 Maret nanti.

Pasien perempuan berusia 44 tahun tersebut sudah melakukan tes laboratorium, dalam hal ini tes swab tenggorokan yang dilakukan di Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan (Litbangkes Kemenkes) RI.

Tes swab sendiri merupakan pengambilan sampel spesimen lendir di saluran pernapasan yang diuji di laboratorium Litbangkes Kemenkes, apakah mengandung virus corona baru atau tidak.

Diberitakan sebelumnya pada Jumat (13/3/2020) lalu, RSUD dr Iskak Tulungagung menerima seorang pasien rujukan dari RSUD dr Darsono Pacitan.

Pasien yang diterima tersebut berstatus PDP COVID-19 dengan gejala batuk, pilek disertai demam dengan riwayat barusan perjalanan dari Hong Kong dan sempat transit di Singapura.

Pasien yang diangkut mobil ambulans khusus dari RSUD dr Darsono Pacitan itu mulai dirawat di RSUD dr Iskak Tulungagung sejak Jumat (13/3/2020) malam.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan