Puskesmas dan RSUD di Pacitan Belum Miliki Rapid Tes Covid-19

oleh -13239 views
RSUD dr Darsono Pacitan. (Foto: Dok Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan belum bisa memastikan soal ketersediaan peralatan untuk melakukan rapid tes penanganan coronavirus disease (COVID-19).

Wakil Bupati Pacitan, Yudi Sumbogo, saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan ataupun rumah sakit (RS).

Namun Informasi yang didapat dari Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan, Trihadi Hendra Purwaka, melalui hubungan telepon, kalau selama ini rapid tes baru untuk demam berdarah dengue (DBD).

Lain itu, lanjut Wabup, sebagaimana keterangan Hendra Purwaka, bahwa rapid tes hanya untuk mengetahui adanya paparan virus secara kualitatif.

Wabup Pacitan Yudi Sumbogo. (Foto: Yuniardi Sutondo)

“Namun tidak bisa mengetahui secara kuantitatif virus yang sudah masuk di tubuh manusia,” kata Wabup Yudi, setelah melakukan telepon dengan Hendra Purwaka, Selasa (17/3).

Wabup malah memberi arahan agar Dinas Kesehatan bisa segera mengadakan alat deteksi suhu tubuh. Sebab harganya sangat murah, yakni Rp250 ribu per unit.

“Kalau bisa malah segera diadakan alat deteksi suhu tubuh itu,” pinta Yudi kepada Hendra Purwaka sebelum mengakhiri teleponnya.

Sementara itu, Hendra Purwaka belum bisa dikonfirmasi terkait kesiapan puskesmas dan RSUD menyediakan alat rapid tes untuk covid-19. Saat dikonfirmasi melalui ponselnya, namun tidak aktif.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan