Lomba Desa di Pacitan akan Dibatalkan

oleh -13427 views

Pacitanku.com, PACITAN — Gugus tugas penanganan coronavirus disease (COVID-19) Kabupaten Pacitan akhirnya mengambil sikap tegas untuk menghentikan kegiatan lomba desa.

Sekretaris Kabupaten Pacitan, Heru Wiwoho Supadi Putro, mengatakan, setelah dilakukan koordinasi lintas sektor, akhirnya diambil langkah win-win solution.

“Untuk besok lomba desa masih dilaksanakan. Namun dengan catatan tidak dilakukan kegiatan seremonial. Sehingga meminimalisir kehadiran massa,” kata Heru Wiwoho melalui ponselnya, Senin (16/3).

Sedangkan untuk kegiatan lomba desa selanjutnya, Heru memastikan akan menunda sampai batas waktu yang tidak bisa ditentukan.

“Untuk kecamatan lainnya akan kita tunda sampai batas waktu yang tidak bisa ditentukan,” jelasnya.

Sementara itu terkait surat edaran Menpan dan RB perihal imbauan ASN bekerja dirumah, Heru masih akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

“Ini kita selesaikan yang mendesak dulu. Soal SE Menpan dan RB akan kita koordinasikan lebih lanjut,” tandasnya.

Sebelumnya nggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur Eko Prasetyo Wahyudiarto sempat menyayangkan terus dilanjutkannya lomba desa di Kabupaten Pacitan ditengah status siaga COVID-19 yang ditetapkan di kabupaten tersebut.

Legislator Partai Demokrat (PD) ini mengatakan sangat kecil sekali meminimalisir kehadiran massa saat kegiatan dilaksanakan.

“Apa ya mungkin bisa, lomba desa kok nggak ada kegiatan seremonialnya,”kata prian yang akrab disapa Pras ini melalui aplikasi chating WhatsApp, Senin (16/3/2020).

Menurut pria yang juga putra sulung Bupati Pacitan Indartato ini, seharusnya Pemkab mengikuti imbauan gubernur untuk sementara waktu meniadakan kegiatan yang berpotensi menghadirkan massa.

“Tapi semua itu kembali ke masing-masing kabupaten/kota. Yang pasti gubernur sudah memberikan imbauan,” tegas Pras.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan