KPU Pacitan Juga Susun SOP Penanggulangan Covid-19

oleh -167 views
Ketua KPU Pacitan Sulis Styorini. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Pencegahan coronavirus, disease 2019 (covid-19) juga akan dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) disemua jenjang.

Bahkan hari ini, Sabtu (14/3/2020), KPU Pacitan tengah mengikuti rapat koordinasi dengan KPU RI di Surabaya dalam rangka merumuskan standar operasional prosedur (SOP) verifikasi faktual pasangan calon perseorangan maupun langkah-langkah lain yang berkaitan dengan distribusi logistik pemilu.

Ketua KPU Pacitan, Sulis Setyorini menegaskan, saat ini memang lagi disusun SOP verifikasi faktual pasangan calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan, dan langkah-langkah pencegahan terjadinya sebaran covid-19.

“Kebetulan di Pacitan, tidak ada pasangan calon dari jalur perseorangan. Sehingga kita tidak akan merumuskan SOP untuk proses verifikasi faktualnya. Kita masih meminta arahan, bagaimana cara-cara yang aman ketika berkomunikasi dengan PPK, PPS dan distribusi logistik nantinya,” kata Sulis Styorini, yang saat itu masih berada di Surabaya, melalui ponselnya, Sabtu (14/3/2020).

Menurut komisioner KPU dua periode ini, untuk berinteraksi dengan PPS dan PPK, KPU akan menerapkan SOP sesuai arahan dan instruksi Menteri Kesehatan serta Dinas Kesehatan di masing-masing daerah. Diantaranya menghindari jabat tangan berlebih, cium tangan dan berpelukan. Selain itu, segera cuci tangan dengan sabun setelah melakukan kontak langsung dengan seseorang.

“SOP ini akan disusun masing-masing KPU kabupaten/kota. Di Pacitan kita akan menerapkan sesuai arahan Dinas Kesehatan,” tuturnya.

Terkait pengadaan logistik, Sulis belum bisa memberikan keterangan lengkap. Sebab proses pengadaannya dilakukan dengan mekanisme tender terbuka. Apakah ada kebijakan mengutamakan pengusaha lokal guna menghindari dampak covid-19, ia pun tak bisa memberikan banyak keterangan.

“Sampai detik ini belum ada arahan atau instruksi dari KPU RI soal kebijakan mekanisme tender pengadaan logistik pemilu. Kita masih berkoordinasi lebih lanjut,” jelasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan