Suroyo Alimoeso Disebut Kuda Hitam Bursa Bacabup Pacitan Partai Demokrat

oleh -13568 views
KUDA HITAM. Suroyo Alimoeso saat meresmikan terminal Pacitan bersama bupati Indartato, tahun 2014 lalu. (Foto: Dok Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN –  Kuda hitam dimungkinkan akan muncul di gelanggang Pilbup Pacitan 2020. Tokoh politik kharismatik, Achmad Sunhaji, kembali angkat bicara.

Ia mengatakan, ada kemungkinan Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat (PD), Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), akan memberikan rekomendasi kepada bakal calon diluar 14 yang telah mendaftar di tim penjaringan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Pacitan.

“Ya segala kemungkinan masih bisa saja terjadi. Akan ada kuda hitam, diluar 14 bakal calon yang telah mendaftar,” ujar mantan politikus berbasis Partai Golkar ini, Rabu (25/2/2020).

Soal kuda hitam yang di mungkinkah akan naik ke gelanggang Pilbup tersebut, Sunhaji secara lugas menyebut, Suroyo Aliemoeso. Dia adalah mantan Dirjen Perhubungan Darat, Kementrian Perhubungan, era pemerintahan SBY lalu.

Achmad Sunhaji. (Foto: Yuniardi Sutondo)

“Kasak-kusuk, nama Suroyo Aliemoeso, menjadi alternatif kuda hitam,” jelasnya.

Sementara itu, anggota tim penjaringan calon bupati DPC PD Pacitan, Hernawan A Priyana mengatakan, sebagaimana amanah Juklak penjaringan, memang dalam kewenangannya, Ketua Umum DPP PD bisa memutuskan calon pasangan kepala daerah diluar mereka yang telah mendaftar.

“Ketentuannya memang diperbolehkan sesuai amanah Juklak penjaringan,” kata Hernawan, ditempat terpisah.

Ia lantas menyebut ketentuan Juklak nomor 02/JUKLAK/DPP.PD/I/2020 tentang Persyaratan dan Mekanisme Pengajuan Serta Penetapan Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, Pemilihan Umum Kepala Daerah Serentak Tahun 2020, Partai Demokrat.

Di salah satu  pointnya disebutkan, dalam hal rapat DPP tidak menyetujui, pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah tingkat kabupaten/kota, yang diusulkan oleh Dewan Pimpinan Daerah dan/atau DPC PD, maka dapat Dewan Pimpinan Pusat, akan menetapkan pasangan calon kepala daerah yang lain.

“Penetapan calon kepala daerah, dan wakil kepala daerah, tingkat kabupaten/kota, dari Partai Demokrat, dilakukan dalam rapat Dewan Pimpinan Pusat, yang dipimpin Ketua Umum Partai Demokrat,” pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan