Sunhaji: Hanya 4-6 Balon yang Serius Maju di Pilbup Pacitan 2020

oleh -243 views
Pendopo Kabupaten Pacitan
Pendopo Kabupaten Pacitan. (Foto: Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Satu tokoh politik kenamaan di Pacitan, Achmad Sunhaji, kembali memberikan prediksi politik soal Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan tahun 2020.

Menurut pria yang akrab disapa Sunhaji ini, dari 14 bakal calon bupati maupun wakil bupati yang telah mendaftar ke tim penjaringan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat (PD) Kabupaten Pacitan, hanya sekitar 4-6 orang yang dinilainya serius untuk tetap berlanjut maju sebagai calon bupati melalui partai politik lain atau gabungan partai politik, seandainya mereka tak mendapat rekomendasi pencalonan dari Demokrat.

“Dari 14 nama tersebut, paling hanya 4 sampai 6 orang yang memang serius hendak maju sebagai calon bupati melalui partai lainnya, kalau seandainya tidak lolos mendapat surat rekomendasi pencalonan dari Demokrat,” ujarnya, Selasa (25/2/2020).

Itupun, lanjut dia, belum tentu partai politik atau gabungan partai politik yang lain akan mau menerima mereka.

Sebab saat ini, Partai Golkar contohnya, sudah melakukan penjaringan tertutup. Dan hasilnya lima nama sudah diajukan ke provinsi. Mereka diantaranya Efendi Budi Wirawan, Almira Adelia Damayanti, Gagarin, Prabowo dan Lancur Susanto.

Achmad Sunhaji

“Sekarang tinggal koalisi PKB dan PDIP serta beberapa parpol yang lain. Namun pertanyaannya, apakah mereka mau meminang mereka atau sudah punya jago lain selain 14 nama yang sudah mendaftar di Demorat tersebut,” jlentrehnya.

Disisi lain, lanjut mantan anggota DPRD Pacitan dua periode ini, ada kemungkinan beberapa nama bakal calon bupati yang namanya sudah mencuat ke publik tersebut, hanya sebatas mencari sensasi atau melakukan posisi nilai tawar semata. Artinya, mereka hanya coba-coba, kalau tak lolos jadi calon bupati mungkin bisa dilirik dijadikan calon wakil bupati.

“Atau hanya sekedar mencari pengakuan dan perhatian publik, kalau namanya sempat tercatat sebagai calon bupati dalam sejarah perpolitikan di Pacitan. Soal kalah menang, itu nomor sekian,” tuturnya memberikan tanggapan.

Untuk itu, ia berharap kepada partai politik yang saat ini tengah digandrungi para bakal calon bupati, setidaknya bisa melahirkan seorang calon yang benar-benar memiliki kapabilitas dan akseptabilitas untuk dijadikan calon pemimpin. Jangan mengedepankan ego sektoral namun pada akhirnya akan berbuah kecelakaan politik yang merugikan mereka sendiri.

“Sebab saat ini memang ada bakal calon yang benar-benar siap tempur,”pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan