Pemkab-Masyarakat Pacitan Diharapkan Mendukung Pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI

oleh -13814 views
Maket museum dan galeri seni SBY-Ani. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pacitan, Ronny Wahyono mengapresiasi pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI. Sebagaimana diketahui, peletakan batu pertama atau groundbreaking museum tersebut dilakukan pada Sabtu (22/2/2020) di lingkungan Barehan, Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Pacitan.

Menurut pria yang juga Sekretaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Pacitan itu, dirinya sebagai wakil rakyat sangat mengapresiasi pembangunan museum dan galeri seni SBY-ANI.

“Ini akan menjadi ikon destinasi wisata baru, yang diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Pacitan,”katanya, saat dikonfirmasi Pacitanku.com, Sabtu siang.

Dengan demikian, lanjut Ronny akan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Selain itu, kata dia, juga akan menciptakan lapangan pekerjaan.

“Dan pada akhirnya mengurangi pengangguran dan kemiskinan di Kabupaten Pacitan,”tandasnya.

Oleh karena itu, Kata Ronny, Fraksi Partai Demokrat berharap agar Pemerintah Daerah (Pemda) setempat membantu sepenuhnya demi kelancaran dan kesuksesan pembangunan museum dan galeri seni SBY-ANI tersebut.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk mendukung dan turut serta mempromosikan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI di media-media sosial agar kalau sudah jadi banyak pengunjung yang datang ke Pacitan,”jelasnya.

Yang terakhir, kata Ronny, dirinya berdoa agar SBY beserta keluarga dan tim pembangunan Museun dan Galeri Seni SBY-ANI selalu sehat.

“Mereka semua yang telah berjuang untuk Pacitan diberikan kesehatan, bimbingan, petunjuk, kekuatan, dan perlindungan dari Allah SWT,  Aamiiin Aamiiin Yaa Rabbal’alamiin,”pungkas Bakal Calon Bupati (Bacabup) Pacitan ini.

Sebagai informasi, museum dan Galeri Seni SBY-ANI berlokasi di Jalan Lingkar Selatan (JLS), lingkungan Barehan, Kelurahan Sidoharjo, Pacitan. Bangunan ini akan dibangun di atas lahan sekitar 1,5 hektar. Adapun, bangunan total museum dan galeri seni keseluruhan sekitar 7.500 meter persegi.

Ronny Wahyono.

Untuk konsep bangunan merupakan gabungan bagian Museum Kepresidenan SBY dan Galeri Seni Ani Yudhoyono. Bangunan museum tersebut akan dibagi menjadi 20 tema besar yang akan menampilkan keunikan dan ciri khas berbeda di tiap temanya. Setiap tema akan bercerita sejak SBY lahir dan besar di Pacitan.

Kemudian, menempuh pendidikan militer di Akabri, menjalani berbagai pendidikan dan penugasan militer, hingga pernah menjadi menteri. Yang tak kalah menarik, pengalaman SBY yang juga Ketua Umum Partai Demokrat ini kala ikut berkompetisi dan terpilih di Pilpres 2004.

Ada pula sisi museum yang bersifat tematis berisi pernik 10 tahun masa pemerintahan SBY yang sarat dengan pengetahuan dan wawasan serta beberapa tema humanis seperti keluarga SBY dan perpustakaan pribadi.

Konsepnya adalah ada bangunan yang merupakan bagian Museum Kepresidenan SBY dan ada pula bagian Galeri Seni Ani Yudhoyono, sehingga rencananya dinamakan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI.

Pewarta: Yahya Ali Rahmawan
Penyunting: Dwi Purnawan