AMI: Museum dan Galeri Seni SBY-ANI akan Jadi Museum Terbaik di Tanah Air

oleh -131.259 views
SAMBUTAN DIREKTUR. Direktur Museum dan Galeri Seni SBY-ANI Ossy Dermawan saat memberikan sambutannya dalam groundbreaking, Sabtu (22/2/2020). (Sumber Foto: Twitter @Ajeng__Cute16)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia (AMI) periode 2019-2024 Putu Supadma Rudana menyebut museum dan galeri seni SBY-ANI yang dibangun di kawasan Jalan Lintas Selatan (JLS) Pacitan di Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur bisa menjadi salah satu museum terbaik di tanah air.

Dalam video wawancara yang dilakukan oleh Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Jansen Sitindaon melalui akun twitternya @jansen_jsp yang dikutip Pacitanku.com pada Sabtu (22/2/2020), pria yang akrab disapa Bli Putu Rudana tersebut mengatakan jasa SBY di dunia museum tanah air sangat besar.

“Pertama-tama kita patut bersyukur, karena sekarang bapak SBY telah menggagas, dan kedepan terwujud museum dan galeri seni SBY-Ani. Beliau jasanya pada saat pemerintahan begitu luar biasa, 10 tahun sangat besar sumbangsihnya untuk permueseuman Indonesia, untuk kemajuan permuseuman kita,”kata Putu Rudana.

Atas berbagai jasa Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut, Putu Rudana mengatakan pihaknya telah memberikan penghargaan kepada SBY. Museum tersebut, kata Putu Rudana, akan menjadi museum terbaik di tanah air.

“Dan kami dari AMI telah menganugerahkan ke beliau sebagai bapak permajuan permuseuman Indonesia di tahun 2016 di TMII. Selamat kepada Bapak SBY, ini adalah sebuah museum yang akan menjadi museum terbaik di tanah air,”jelasnya.

Dalam video tersebut, Jansen juga berharap museum dan galeri seni SBY-ANI bisa menjadi tempat yang dikunjungi saat ke Pacitan.

“Salam dari kami, salam dari Pacitan, kita doakan pembangunan museum pak SBY dan bu Ani ini berjalan dengan lancar, sehingga kemudian tempat ini menjadi bisa tempat yang dikunjungi kalau kita datang jalan-jalan ke Pacitan, ini dia keadaannya teman-teman sekalian, horas, salam dari Pacitan,”jelas Jansen, sambil menggambarkan kondisi groundbreaking museum dan galeri seni SBY-ANI yang hingga berita ini ditulis masih berlangsung.

Baca juga: Museum dan Galeri SBY-ANI Jadi Daya Tarik Wisata Baru di Pacitan

Selain dihadiri SBY dan putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY), groundbreaking ini juga dihadiri sejumlah anggota Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) era pemerintahan Presiden SBY.

Sebagai informasi, museum dan Galeri Seni SBY-ANI rencananya berlokasi di Jalan Lingkar Selatan (JLS), Pacitan. Bangunan ini akan dibangun di atas lahan sekitar 1,5 hektar. Adapun, bangunan total museum dan galeri seni keseluruhan sekitar 7.500 meter persegi.

Untuk konsep bangunan merupakan gabungan bagian Museum Kepresidenan SBY dan Galeri Seni Ani Yudhoyono. Bangunan museum tersebut akan dibagi menjadi 20 tema besar yang akan menampilkan keunikan dan ciri khas berbeda di tiap temanya. Setiap tema akan bercerita sejak SBY lahir dan besar di Pacitan.

Kemudian, menempuh pendidikan militer di Akabri, menjalani berbagai pendidikan dan penugasan militer, hingga pernah menjadi menteri. Yang tak kalah menarik, pengalaman SBY yang juga Ketua Umum Partai Demokrat ini kala ikut berkompetisi dan terpilih di Pilpres 2004.

Baca juga: Didampingi AHY, SBY Gladi Bersih Groundbreaking Pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI

Ada pula sisi museum yang bersifat tematis berisi pernik 10 tahun masa pemerintahan SBY yang sarat dengan pengetahuan dan wawasan serta beberapa tema humanis seperti keluarga SBY dan perpustakaan pribadi.

Konsepnya adalah ada bangunan yang merupakan bagian Museum Kepresidenan SBY dan ada pula bagian Galeri Seni Ani Yudhoyono, sehingga rencananya dinamakan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI.

Pewarta: Dwi Purnawan