Begini Antusiasme Warga Pacitan Melepas Kerinduan dengan SBY

oleh -13610 views
KANGEN SBY. Ribuan warga Pacitan menyambut dengan antusias kedatangan SBY di kampung halaman, Jumat (21/2/2020). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Presiden Ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tiba di Pacitan, Kamis (20/2/2020) sekitar pukul 14.30 WIB. Kunjungan SBY ini akan menjadi yang pertama kali pulang ke kampung halamannya Pacitan pasca wafatnya istri tercinta Ani Yudhoyono pada bulan Juni 2019 silam.

Kehadiran SBY kampung halamannya tersebut salah satu agenda utamanya adalah peletakan batu pertama (Groundbreaking) pembangunan Museum & Galeri Seni SBY-ANI yang akan dilaksanakan, Sabtu (22/2/2020).

Di hari kedua SBY berada di Pacitan, pria yang juga Ketua Umum DPP Partai Demokrat ini melepas peserta jalan sehat. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian Hari Jadi Pacitan ke-275 yang digelar di alun-alun Pacitan, Jalan Imam Bonjol, Pacitan, Jumat (21/2/2020) pagi.

Baca juga: SBY Disambut Ribuan Warga Pacitan Saat Memberangkatkan Jalan Sehat

Mengenakan jaket merah putih bertuliskan Lavani, SBY memberangkatkan ribuan peserta jalan sehat yang disambut dengan sangat antusias oleh warga Pacitan.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim jalan sehat dalam rangka hari jadi ke 275 Kabupaten Pacitan saya nyatakan dapat diberangkatkan” kata SBY, seperti dikutip dari siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Meski sudah diberangkatkan dengan pengibaran bendera start, para peserta yang terdiri dari para pelajar, ASN dan masyarakat umum justru berkerumun mendekati Presiden yang telah menjabat dua periode itu. Mereka saling berebut ingin bersalaman sebagian lain ingin mengabadikan gambar dengan gawai masing masing.

Situasi ini tentu membuat perjalanan peserta yang berjumlah ribuan melambat. Namun, dengan sabar dan senyum khasnya SBY yang didampingi putra bungsunya Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY) dan saudaranya Sartono menyapa masyarakat.

Sementara, Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean juga turut mengabarkan antusiasme warga Pacitan menyambut SBY.

“Dalam rangka HUT Kota Pacitan ke-275, Pak SBY melepas rombongan jalan santai di Kota Pacitan yang cukup ramai. Ada Pak SBY melepas jalan santai HUT Kota Pacitan. Selamat ulang tahun Kota Pacitan yang ke-275, jaya selalu Pacitan,”kata Ferdinand melalui akun twitternya @FerdinandHaean2 yang dikutip Pacitanku.com.

Agenda utama Groundbreaking Museum SBY-ANI

Direncanakan, pada Sabtu (22/2/2020), SBY akan menghadiri groundbreaking museum SBY-ANI di Kelurahan Sidoharjo, Pacitan.

Slain SBY, Groundbreaking tersebut rencananya akan dihadiri oleh keluarga, mantan pejabat pemerintah, hingga menteri & wakil menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB). Tercatat, ada 27 anggota KIB yang dijadwalkan hadir di Pacitan.

Museum dan Galeri Seni SBY-ANI rencananya berlokasi di Jalan Lingkar Selatan (JLS), Pacitan. Bangunan ini akan dibangun di atas lahan sekitar 1,5 hektar. Sementara bangunan total museum dan galeri seni keseluruhan sekitar 7.500 meter persegi.

Konsep bangunan merupakan gabungan bagian Museum Kepresidenan SBY dan Galeri Seni Ani Yudhoyono. Bangunan museum tersebut akan dibagi menjadi 20 tema besar yang akan menampilkan keunikan dan ciri khas berbeda di tiap temanya. Setiap tema akan bercerita sejak SBY lahir dan besar di Pacitan.

Kemudian, menempuh pendidikan militer di Akabri, menjalani berbagai pendidikan dan penugasan militer, hingga pernah menjadi menteri. Yang tak kalah menarik, pengalaman SBY yang juga Ketua Umum Partai Demokrat ini kala ikut berkompetisi dan terpilih di Pilpres 2004.

Ada pula sisi museum yang bersifat tematis berisi pernik 10 tahun masa pemerintahan SBY yang sarat dengan pengetahuan dan wawasan serta beberapa tema humanis seperti keluarga SBY dan perpustakaan pribadi.

Konsepnya adalah ada bangunan yang merupakan bagian Museum Kepresidenan SBY dan ada pula bagian Galeri Seni Ani Yudhoyono, sehingga rencananya dinamakan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI.

Selain melakukan groundbreaking museum yang kelak akan menjadi destinasi wisata baru tersebut, SBY juga akan menghadiri event invitasi bola voli “Pacitan SBY Cup 2020.”

Dalam turnamen yang diselenggarakan di GOR Pacitan 21-23 Februari 2020 tersebut  akan diikuti sejumlah tim, diantaranya Lavani dari Cikeas, Bogor, Laskar Kanjeng Limo (Pacitan), Jalak Lawu (Magetan), Singo Wilis (Trenggalek), Bumi Reyog (Ponorogo), Gading Trinil (Ngawi), Lawu Jaya (Sragen) dan Team DM (Bojonegoro).