Tanah Longsor Timpa Rumah Dua Warga Tulakan, Kerugian Capai Rp 10 Juta

oleh -196 views
KERJA BAKTI. Tanah longsor tersebut terjadi di kawasan Dusun kalialang, Desa Bubakan, Kecamatan Tulakan pada Selasa (28/1/2020). (Foto: Agus Hermawan)

Pacitanku.com, TULAKAN – Peristiwa tanah longsor kembali terjadi di kawasan Pacitan. Kali ini tanah longsor tersebut terjadi di kawasan Dusun kalialang, Desa Bubakan, Kecamatan Tulakan pada Selasa (28/1/2020) sektar pukul 07.15 WIB.

Peristiwa tersebut menimpa rumah dua warga, masing-masing rumah milik Dasuki (50) dan Rohmad (30) di kawasan tersebut.

Berdasarkan keterangan dari Babinsa Tulakan, Serda Egi Ginanjar, peristiwa tersebut terjadi akibat hujan deras pada Senin (27/1/2020) kemarin yang mengguyur kawasan tersebut.

 “Kerugian yang dialami Pak Dasuki dan Pak Rohmad sebagai korban longsor,  mengalami kerusakan  cukup  parah dan ditaksir dengan kerugian senilai Rp10 juta,”katanya.

Dinding rumah warga tersebut jebol akibat diterjang material longsor yang terdiri dari tanah dan batu. Tidak ada korban dalam peristiwa tersebut, namun Egi mengatakan kerugian materi akibat longsor tersebut mencapai angka Rp10 juta.

Setelah mendapatkan informasi bencana alam tersebut, Egi menuturkan dirinya bersama sejumlah pihak segera melakukan gotong royong membersihkan material longsor.

“Kami beserta Bhabinkamtibmas dan Pamong Kecamatan Tulakan mendatangi tempat kejadian bersama dengan warga masyarakat sekitar, melakukan gotong royong membersihkan material longsoran dari dalam rumah,”jelasnya.

Egi menghimbau masyarakat untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya bencana alam di wilayah pacitan.

“Kita tetap harus selalu waspada terhadap terjadinya bencana, harapannya semua warga perlu meningkatkan kewaspadaan secara intens mengingat bahwa wilayah Kabupaten  Pacitan rawan akan bencana,” pungkasnya.

Pewarta: Agus Hermawan
Penyunting: Dwi Purnawan