Kematian Hewan Ternak di Kebonagung Akibat Diserang Anjing Hutan, Bukan Harimau

oleh -131.075 views
Hewan ternak warga mati. (Foto: Samsuri Srengit/Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN –Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Pacitan, Didik Alih Wibowo, meminta agar masyarakat berhenti menebar spekulasi terkait banyaknya hewan ternak yang mati di wilayah Kecamatan Kebonagung.

Didik mengatakan, dari hasil elisitasi yang dilakukan BPBD bersama personil dari TNI/Polri pada Rabu (22/1) malam kemarin, menyatakan kalau kematian hewan ternak tersebut murni karena serangan hewan buas, utamanya anjing hutan.

“Jadi nggak benar kalau itu ada makhluk jadi-jadian atau semacam vampir yang melakukan teror. Kejadian itu murni sebagai akibat serangan binatang buas,” ujarnya, Kamis (23/1/2020).

Baca juga: Ngeri, 36 Kambing Warga Kebonagung Mati Misterius

Menurut Didik, dari hasil penyelidikan di lapangan, mayoritas keberadaan kandang ternak yang dimangsa anjing hutan tersebut berada jauh dari permukiman, tepatnya di kawasan perkebunan.

“Memang kebanyakan masyarakat di tiga desa tersebut, yakni Kalipelus, Katipugal dan Klesem, menaruh kandang ternaknya jauh dari permukiman. Rata-rata berjarak sekitar satu kilometer lebih. Sehingga saat malam hari, jauh dari pengawasan,” jelasnya.

Soal hewan buas dimaksud, tim yang melakukan elisitasi menyimpulkan jenis anjing hutan dan bukan harimau.

“Itu sekawan anjing hutan yang lapar karena kurangnya asupan makanan. Sehingga melakukan ekspansi pencarian makanan sampai ke permukiman warga,”tandasnya.

Didik juga berpesan agar masyarakat tidak menebar spekulasi terkait peristiwa tersebut. “Kami imbau masyarakat jangan menguar spekulasi, sebab tim sudah menemukan titik terang soal kasus tersebut,”ujarnya.

Didik Alih Wibowo. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Guna meminimalisir serangan binatang buas, Didik meminta agar masyarakat memindahkan kandang ternaknya ke dekat rumah.

Baca juga: BPBD: Kematian Ternak di Kebonagung Akibat Serangan Hewan Buas

“Selain itu juga dipasang pengaman dari jaring. Sebab ada beberapa kandang yang aman dari serangan lantaran disekelilingnya di pasang jaring,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan di Pacitanku.com, sejumlah hewan ternak milik warga Kebonagung dilaporkan mati secara misterius.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan