Dispendukcapil Pacitan Tindak Lanjuti Keluhan Masyarakat Terkait Adminduk

oleh -13472 views
SIDAK. Bupati dan jajarannya melakukan sidak di kantor Dispendukcapil Pacitan. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pacitan, Rachmad Dwiyanto, sampaikan tidak lanjut tanggapan masyarakat terkait pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Pacitan.

Yang pertama, kata Rachmad, soal anggapan masyarakat mengurus KTP elektronik lama, disampaikan tindak lanjut bahwa sejak Bulan Mei 2019 lalu, kondisi blangko KTP elektronik secara nasional memang menipis. Dan pada 13 Januari 2020 lalu, blanko kembali tersedia.

“Sehingga pelayanan KTP elektronik dapat berjalan sesuai prosedur,” ujarnya, Kamis (23/1/2020).

Baca juga: Warganet Kritik dengan Pedas Lambatnya Pelayanan Pengurusan Adminduk

Terkait tudingan adanya pungutan liar (pungli) dibalik pengurusan KTP elektronik, ditegaskan bahwa pengurusan semua administrasi kependudukan tidak dikenakan biaya alias gratis.

“Namun apabila ada masyarakat yang mendapati ada karyawan atau pegawai Dispendukcapil Pacitan yang melakukan pungli agar melaporkan ke OPD yang bersangkut serta saber pungli yang ada di Mapolres Pacitan,” tegas Rachmad.

Lain itu soal pelayanan yang kurang ramah, Rachmad menegaskan, bila Dispendukcapil meminta saran dan masukan ke masyarakat guna meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik.

“Dispendukcapil juga telah melakukan pengarahan kepada petugas saat apel pagi dan rapat staf,” tutur dia.

Sementara itu sebagaimana informasi yang diterima media, Sekkab Pacitan, Heru Wiwoho Supadi Putro bersama beberapa assisten sekkab terkait langsung menggelar sidak ke Dispendukcapil.

Baca juga: Dikritik Warganet, Kabag Hukum Setkab Pacitan Berharap Dispendukcapil Introspeksi Diri

Top manager birokrasi itu secara cermat mengamati proses pelayanan adminduk yang dilakukan petugas front office. Heru berpesan agar pelayanan lebih ramah demi terciptanya kualitas pelayanan yang diharapkan masyarakat.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan