HUT ke-39, Kapolres Pacitan Harapkan Satpam Terus Jalin Sinergi Ciptakan Stabilitas Keamanan

oleh -13500 views
Peringatan HUT Satpam ke-39 di Pacitan. (Foto: Istimewa/Agus Hermawan)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Kepolisian Resor Pacitan AKBP Didik Hariyanto berharap Satuan Pengamanan (Satpam) terus menjalin sinergi untuk menciptakan stabilitas keamanan di masyarakat. Hal tersebut disampaikan Didik saat memberikan sambutan dalam HUT Satpam ke-39 pada Rabu (22/1/2020) di Mapolres Pacitan.

Didik yang membacakan amanat Kapolri, Jenderal Polisi Idham Azis mengharapkan Satpam mampu meningkatkan kompentensi diri, baik melalui pendidikan dan pelatihan.

“Bangun komunikasi dengan seluruh komponen masyarakat serta meningkatkan kerjasama, sinergis dengan jajaran Polri, dan seluruh stakholders, dalam memelihara stabilitas keamanan di lingkungan kerja.  Jadikan momentum ini sebagai pedoman untuk upaya perbaikan dan penyempurnaan dalam rangka mengoptimalkan peran Satpam, sebagai mitra atau perpanjangan tangan Polri,” ucap Didik saat membacakan amanat Kapolri.

Lebih lanjut, Didik juga menyebut Satpam merupakan sebuah pekerjaan yang dibutuhkan kehadirannya, patut untuk dihargai, serta harus terus ditingkatkan kemampuannya, hal tersebut sesuai tema dalam peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan tahun 2020.

“Satuan Pengamanan yang Berbasis Kompetensi dalam mewujudkan SDM  unggul untuk terciptanya situasi Kamtibmas yang Kondusif dan terjaminnya keamanan kenyamanan  dilingkungan kerja, menuju Indonesia maju,” kata Didik.

Sejak diresmikan oleh Kapolri 39 tahun yang lalu, satuhan pengamanan tersebut telah mendapat pengakuan sah  oleh Kapolri pada masa itu,  Jendral Polisi ( purn ) Prof. Dr. Awaloedin Djamin, tersadari bahwa kebutuhan akan adanya rasa aman, tidak hanya mampu diemban oleh pihak Polri semata.

“Satuan pengamanan yang terdiri dari petugas – petugas yang terlatih dan terampil, berperan sangat penting dalam mejaga sentra – sentra perekonoian, sekolah, rumah sakit, tempat – tepat pelayanan masyarakat, sampai instansi pemerintah, sebagai mitra kerja terdekat bagi Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban,” lanjut Didik

Usai menggelar upacara kegiatan dilanjutkan dengan demontrasi tongkat dan borgol dari Satpam PLTU Sudimoro dan pelaksanaan yel – yel dari Saka Bhayangkara.

Turut hadir dalam HUT ke-39 Satpam tersebut Bupati Indartato, Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf Nuri Wahyudi, Waka Polres Kompol Sunardi, Jajaran Kabag, Kasat, Kapolsek, Polres Pacitan, Kasipam Rutan Kelas II B Pacitan, Komisaris KPU Koordinator Divisi Hukum Aswika Budi Arfandi, beserta pimpinan dan perwakilan perusahaan /Perusahaan pengguna Satpam.

Pewarta: Agus Hermawan
Penyunting: Dwi Purnawan