Cuaca Stabil, Nelayan Pacitan Banyak yang Melaut

oleh -13499 views
Kapal nelayan dan jala penangkap ikan mangkrak di Pantai Tamperan. (Foto : Dok.Pacitanku)
Kapal nelayan dan jala penangkap ikan mangkrak di Pantai Tamperan. (Foto : Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN –  Sudah beberapa hari ini, aktivitas nelayan di perairan Pacitan mulai menggeliat.

Mereka yang beberapa waktu lalu pulang kampung ke Sinjai, Sulawesi, namun saat ini sudah kembali dan memulai aktivitas turun ke laut.

“Kondisi cuaca sudah stabil, para nelayan kembali menjalankan aktivitas ke laut,” terang Kamandan Pos Kamladu Pacitan, Pelda Totok, Kamis (23/1/2020).

Totok menjelaskan, memang belum lama ini banyak nelayan andon yang pulang kampung, lantaran tengah musim baratan. Fenomena itu biasanya terjadi hingga Februari.

“Akan tetapi saat ini sudah banyak nelayan yang kembali dan menjalankan aktivitasnya lagi. Beberapa kapal slerek dan sekoci sudah banyak yang melaut,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, prajurit TNI AL ini mengungkapkan, untuk situasi ombak sudah sangat stabil.

Kamandan Pos Kamladu Pacitan, Pelda Totok (Foto: Yuniardi Sutondo)

Ketinggian gelombang rata-rata tak lebih dari dua meter. “Kondisi cuaca sangat memungkinkan bagi nelayan untuk kembali melaut,”pungkasnya.

Berdasarkan informasi dari Pusat Data Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan pada Kamis (23/1/2020), Cuaca Sebagian Cerah Berawan dengan suhu udara  26°c, kelembaban 85%.

Kemudian kecepatan angin 5 km/jam, dimana angin berhembus dari arah timur hingga tenggara. Adapun tinggi gelmbang pada Kamis adalah 1,25 hingga 2,5 meter.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan