Seni Budaya Diharapkan Mampu Menguatkan Industri Pariwisata di Pacitan

oleh -13590 views
“Temu Seniman dan Talk show strategi pengembangan dan pemanfaatan seni budaya Pacitan” pada Senin (30/12/2019) di Hotel Srikandi, Pacitan. (Foto: Bambang SU)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Dewan Kesenian Pacitan Endro Wahyudi berharap kesenian dan kebudayaan dapat mendorong pertumbuhan serta menguatkan industri pariwisata di Pacitan. Hal itu diungkapkan Endro di sela kegiatan “Temu Seniman dan Talk show strategi pengembangan dan pemanfaatan seni budaya Pacitan” pada Senin (30/12/2019) di Hotel Srikandi, Pacitan.

“Acara hari ini yang dilaksanakan oleh Dewan Kesenian Pacitan, yaitu tentang strategi dan pengembangan serta pemanfaatan kesenian kebudayaan mengerucutnya kepada industri pariwisata. Kami, di Dewan Kesenian Pacitan, sebetulnya berharap tentang nilai-nilai kebudayaan yang ada di Pacitan itu menjadi satu pijakan dalam proses industri pariwisata,”kata Endro.

Lebih lanjut, Endro menjelaskan seni budaya bisa menjadi satu pijakan, seperti nilai-nilai folklore atau cerita rakyat di Pacitan bisa dikembangkan dalam bentuk produk kesenian.

“Dan proses kesenian inilah yang kemudian berbasis kepada nilai-nilai cerita budaya di Pacitan itu bisa dimunculkan dalam industri pariwisata,”jelasnya.

Yang pertama, kata dia, Dewan Kesenian Pacitan memaparkan tentang pengetahuan tradisional atau kesenian tradisional yang ada di Pacitan, dari hasil proses pengetahuan tradisi yang ada di Pacitan.

“Kemudian pemerintah bisa melihat satu kebijakan, maka kemudian mucullah yang namanya wisdom local, menjadi satu kebijakan lokal, menjadi satu panutan, nah panutan atau pijakan yang berbasis kepada budaya Pacitan inilah maka kesenian yang ada di Pacitan itu tidak terlepas dari nilai yang ada dari tradisi di Pacitan,”ungkapnya.

Hal inilah, imbuhnya, yang kemudian bisa menjadi penguat atau pendamping dari industri pariwisata. Sehingga, imbuh dia, kekuatan Pacitan untuk memunculkan identitas yang ber-basic kepada budaya pacitan.

“Jadi budaya pacitan itu yang berbasis kepada nilai-nilai  mitologis yang ada. Nah disitulah maka terjadi satu kekuatan pariwisata yang mengerucut bahwa pariwisata kita akan menjadi wisata desa, bahwa setiap desa itu memiiki satu kekuatan-kekuatan nialai seni yang bisa dikemas emnjadi satu bentuk industry pariwisata,”ungkapnya.

Sehingga, imbuh Endro, tujuan akhir atau tujuan kita mengumpulkan seniman dalam bahasan membangun strategi dan pemanfaatan nilai seni budaya yang ada di Pacitan arahnya  pengembangannya kepada nilai industri pariwisata.

“Sebagai nilai ekonomi dan nilai edukasi yang mempertahankan nilai-nilai luhur yang berbasis pada budaya itu,”pungkasnya.

Acara ini sendiri dihadiri oleh Bupati Pacitan Indartato, Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Kepala OPD Pacitan, para seniman, budayawan dan Pelaku pariwisata Pacitan.

Kontributor: Bambang Setyo Utomo
Penyunting: Dwi Purnawan