Pacitan di Bulan Desember 2019: Lima Penghargaan di Akhir Tahun

oleh -13668 views
Puskesmas Candi, Kecamatan Pringkuku meraih penghargaan Kovablik di Surabaya, Jatim. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Pada bulan Desember 2019 atau akhir tahun, Ada lima penghargaan diraih Kabupaten Pacitan.

Diawali dengan Puskesmas Candi, Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan yang mendapat penghargaan kategori pemberdayaan masyarakat dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) Se Jawa Timur.

Puskesmas Candi meraih penghargaan melalui inovasi Kejari Ceria (Kelas edukasi remaja putri yang cerdas, energik, responsif, inovatif, dan adaptif).

Di bidang pariwisata, obyek wisata alam Sentono genthong di Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku terpilih sebagai salah satu obyek wisata alam terbaik di Jawa Timur.

Gubernur Khofifah saat memberikan penghargaan kepada Bupati Indartato pada Jumat malam. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pengeloaan dan pengembangan Sentono Genthong juga menempatkan Desa Dadapan sebagai juara harapan 3 Desa Wisata Nusantara tingkat nasional.

Penghargaan juga diraih di bidang Hukum dan HAM. Kabupaten Pacitan dianugerahi penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Azasi Manusia.

Penghargaan diserahkan pada peringatan hari HAM se Dunia di Gedung Merdeka Bandung dan diterima langsung oleh Bupati Pacitan, Indartato.

Di bidang lingkungan hidup, 3 sekolah berhasil mendapat penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup yaitu penghargaan Adiwiyata Mandiri 2019.

Ini merupakan penghargaan untuk Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Adapun ketiga sekolah tersebut adalah SDN 1 Ploso Kecamatan Pacitan, SMPN 2 Kebonagung dan SMKN 1 Nawangan.

Jajaran OPD Pacitan bersama tiga sekolah mendapatkan penghargaan sekolah adiwiyata mandiri 2019. (Foto: Humas Pemkab/DLH Pacitan)

Kabupaten Pacitan terus menorehkan prestasi. Di bidang perhubungan kabupaten Pacitan memenangi Ajang penilaian Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2019.

Pacitan berhak memboyong supremasi tertinggi bidang kelalulintasan kategori kabupaten berkepadatan penduduk tinggi.

Sukses Pacitan memboyong juara utama karena berhasil meraih nilai tinggi pada empat pilar sekaligus. Yakni, manajemen yang berkeselamatan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, serta perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan.