Pacitan di Bulan Oktober 2019: Opini WTP Hingga Anugerah Pandu Negeri

oleh -13604 views
Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Pacitan Indartato pada Rabu (2/10/2019) di gedung Negara Grahadi Kota Surabaya. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Di awal Oktober 2019, Kabupaten Pacitan mendapat penghargaan sebagai satu-satunya Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang mendapat Opini WTP tanpa catatan selama 5 kali berturut-turut mulai 2014-2018. WTP adalah opini tertinggi dari BPK atas laporan keuangan instansi pemerintah.

Proses pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Pacitan digelar.

Saat itu, kepada para calon kepala desa yang mengikuti pemilihan, Bupati Indartato berpesan agar mereka bersikap legawa. Sebab, menang dan kalah dalam proses pemilihan adalah hal biasa. Sebagai sebuah kensekuensi.

Bupati saat mengecek pelaksanaan Pilkades di Pacitan. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Tahun ini total ada 113 Desa di Kabupaten Pacitan melaksanakan pilkades serentak. Dimana dari jumlah itu Kecamatan Kebonagung merupakan wilayah terbanyak menyelenggarakan. Yakni 17 dari 19 desa yang ada.

Torehan penghargaan tingkat nasional terus diraih Kabupaten Pacitan. Bupati Indartato menerima langsung penghargaan Anugerah Pandu Negeri.

Sebuah penghargaan bagi Pemerintah Daerah tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota serta para pemimpin yang inovatif dengan kinerja dan tata kelola yang baik. Sebelumnya tahun 2018 Pacitan juga mendapatkan penghargaan serupa yang diberikan oleh Indonesian Institute for Public Governance.

Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, Pacitan dianugerahi Penghargaan Kabupaten Layak Pemuda Kategori Madya tahun 2019.

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali dan diterima langsung oleh Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo pada Malam Anugerah Kepemudaan tahun 2019 di Jakarta.