Keren, Pengelola Pantai Watu Bale Kenalkan Jenang Rumput Laut

oleh -713 views
INOVASI BARU. Bupati Indartato mengenalkan inovasi pengelola pantai Watu Bale, jenang rumput laut. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, TULAKAN – Pengelola kawasan wisata Pantai Watu Bale, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan memperkenalkan produk inovasi terbaru untuk mendorong pertumbuhan industri pariwisata. Inovasi yang dibuat tersebut adalah jenang rumput laut.

Ketua manajemen pengelola Pantai Watu Bale, Muji saat berbincang dengan Pacitanku.com di sela perayaan dua tahun Pantai Watu Bale, Ahad (29/12/2019) di Jetak, Tulakan mengatakan jenang tersebut sebagai inovasi oleh-oleh khas.

“Kegiatan hari ini merupakan rangkaian ulang tahun pengelola Watu Bale. Terdapat banyak kegiatan salah satunya festival jenang rumput laut,”katanya.

Untuk diketahui, jenang rumput laut merupakan jenang yang dibuat dari rumput laut. Rumput laut merupakan tanaman laut yang biasanya terdapat di bebatuan atau sesuatu yang ditanam di laut. Sebagai informasi rumput laut merupakan salah satu komoditas utama masyarakat pesisir laut.

Baca juga: Pantai Watu Bale Rayakan Dua Tahun Perjalanan dengan Festival Seribu Jenang

Muji mengatakan pihaknya juga akan membuka jalan baru ke jalur Watu Bale untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan.

Sementara, Sekretaris Kecamatan Tulakan Supriyono menuturkan tantangan kedepan wisata di Watu Bale, ada oleh-oleh khas dari Pantai Watu Bale. “Oleh-oleh tersebut yang melibatkan masyarakat sehingga nantinya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,”ungkapnya.

Sebelumnya, salah satu pengelola pantai, Rofiq, saat berbincang dengan Pacitanku.com, baru-baru ini mengatakan kegiatan yang bertajuk “2th anniversary Watu Bale Pacitan, refreshing, fishing spot & camping” tersebut juga dirangkaikan dengan sejumlah agenda lainnya.

“Agenda utamanya adalah festival 1000 jenang rumput laut, selan itu juga ada jalan sehat bareng warga serta hiburan music Koes Plus mania,”kata Rofiq.

Lebih lanjut, Rofiq menuturkan agenda tersebut sebagai penanda kawasan wisata tersebut sudah dua tahun dikelola oleh Pemerintah Desa Jetak melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Sebagai informasi, pantai ini menjadi salah satu pantai yang baru dan saat ini sering menjadi jujugan para wisatawan menikmati piknik alternatif.

Berada tak jauh dari jalur Pantai Selatan (Pansela) jawa, atau dulu dikenal dengan JLS, keberadaan pantai Watu Bale ini tak lepas dari “jasa” para travellers yang mengabadikan momen berada di pantai Watu Bale, lalu kemudian membagikan di media sosial, yang muncul beberapa waktu lalu.

Pantai ini termasuk destinasi wisata pantai di Pacitan yang tergolong baru, atau baru dikelola oleh Pemerintah Desa setempat mulai tahun 2017 lalu.

Pewarta: Putro Primanto
Penyunting: Dwi Purnawan

Video wisata Pantai Watu Bale