Sentono Genthong Jadi Salah Satu Obyek Wisata Alam Terbaik Jatim

oleh -137.688 views
Kawasan Wisata Sentono Genthong Pacitan (Foto: Frendi Setiawan Pradikdo)

Pacitanku.com, SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan penghargaan pada seniman, budayawan dan juga pemerintah kabupaten kota yang memberikan komitmen kuat dalam pengembangan pariwisata di Jawa Timur melalui East Java Culture and Tourism Award 2019, yang dihelat di Harris Hotel and Convention, Kota Surabaya Jumat (6/12/2019) malam.

Obyek wisata alam Sentono Genthong menjadi salah satu nominasi obyek wisata alam terbaik dan akhirnya mendapat penghargaan terbaik ke-3 pada malam penghargaan tersebut. Penghargaan diterima langsung Bupati Pacitan Indartato dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Di sela memberikan penghargaan, Gubernur Khofifah berpesan pada seluruh stakeholder untuk bisa memaksimalkan promosi pariwisata Jawa Timur. Menurutnya pariwisata Jawa Timur sangat lengkap.

“Mari kita jaga potensi pariwisata kita, kita promosikan pariwisata kita dengan tanpa mengganggu daya dukung alam. Meski kita masih membutuhkan tambahan infrastruktur untuk memudahkan menikmati pariwisata di Jawa Timur,” kata Khofifah.

Sementara, Bupati Indartato usai menerima penghargaan mengatakan Kabupaten Pacitan memang mempunyai banyak obyek wisata alam. Dan dia bersyukur salah satu obyeknya bisa menjadi salah satu yang terbaik di Jatim.

PENGHARGAAN. Bupati Indartato saat menerima penghargaan Sentono Genthong terbaik ke-3 wisata Jatim dari Gubernur Khofifah, Jumat malam. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

 “Alhamdulillah, salah satunya yaitu Sentono Genthong bisa mendapatkan penghargaan sebagai salah satu obyek wisata alam terbaik se Jawa Timur,”katanya dalam siaran pers Humas Pemkab Pacitan yang dikutip Pacitanku.com, Sabtu (7/12/2019).

Lebih lanjut, Indartato berharap dengan adanya penghargaan tersebut, obyek wisata di Pacitan terus berkembang.

“Harapannya obyek wisata Pacitan semakin baik dan berkembang, sehingga pengunjungnya lebih banyak lagi dan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat Pacitan” jelasnya.

Sementara, Kepala Desa Dadapan Ismono, mengaku bersyukur atas penghargaan yang diberikan ini sebagai salah satu bentuk perhatian pemerintah. “Penghargaan ini tentunya memotivasi kami untuk mengembangkan Sentono Genthong supaya lebih baik lagi,”ujarnya

Dalam ajang tersebut diberikan penghargaan untuk sepuluh seniman, dan juga budayawan.

Selain itu lima kabupaten juga mendapatkan penghargaan atas komitmennya melakukan pengembangan pariwisata. Yaitu mulai Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Malang, Kota Probolinggo, Kabupaten Lamongan, dan Kabupaten Lumajang.

Selain Sentono Genthong, sejumlah lokasi wisata juga mendapatkan penghargaan. Seperti untuk kategori daya tarik wisata alam, penghargaan juara pertama diberikan pada wisata Kampung Blekok Kabupaten Situbondo.

Sedangkan untuk kategori daya tarik wisata budaya penghargaan juara pertama diberikan pada Wisata Adat Kemiren Kabupaten Banyuwangi. Dan untuk kategori daya tarik wisata buatan diraih untuk Selecta Malang dan juga Trenggalek.

Selain itu tiga daerah pemenang terbaik Jatim Specta Night Carnival juga mendapat penghargaan yaitu Kabupaten Jember, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Blitar. (Humas/RAPP002)

Video wisata alam Sentono Genthong