Suka Pedas? Cobain Icip Sayur Kalakan Pacitan

oleh -640 views
Sayur Kalakan Pacitan
Sayur Kalakan Pacitan. (Foto: Sulthan Salahuddin)

Pacitanku.com, PACITAN – Jika di daerah pantura Jawa Tengah kita mengenal sayur Mangut Ndas Manyung, maka di Pacitan ada salah satu kuliner yang mirip sensasi pedasnya. Namanya adalah sayur kalakan.

Untuk diketahui, sayur ndas manyung adalah masakan khas daerah Kabupaten Pati, Semarang dan Tegal. Bagi yang gemar menyantap makanan pedas bisa mencoba Mangut Ndas Manyung. Pasalnya, olahan masakan berbahan dasar Ndas Manyung yang berbahan kepala ikan manyung itu memiliki rasa sangat pedas.

Nah, di Pacitan juga ada, namanya sayur kalakan. Mirip rasa pedasnya dan bahan bakunya yakni dari ikan laut. Bedanya, jika sayur ndas manyung yang dikonsumsi adalah bagian kepala, maka sayur kalakan adalah daging ikan laut yang ditusuk mirip sate.

Untuk sensasi rasanya, jangan tanya. Sama-sama lezat dan pedas. Utamanya bagi Anda pecinta makanan pedas.

Sayur Kalakan ini berbahan dasar daging ikan laut, bisa kelong, ikan tuna atau lainnya. Kemudian yang dimasukkan dalam santan yang sudah dicampuri bumbu pedas sehingga Sayur Kalakan ini identik dengan rasanya yang pedasdan dipadukan nasi tiwul sebagai pelengkapnya.

Selain itu, bentuknya yang unik, mirip sate, ditusuk, sayur kalakan yang berbahan baku daging ikan laut di asap atau dibakar.

Sayur Kalakan merupakan salah satu wisata kuliner Pacitan yang populer dan banyak di gemari wisatawan yang berkunjung ke Pacitan.  Nasi plus Sayur Kalakan ini menjadi menu favorit masyarakat Pacitan.

Sayur Kalakan ini mudah ditemui dimana saja di daerah Pacitan, pasalnya sebagian besar masyarakat Pacitan dapat memasak sayur kalakan ini. Harganya pun relatif terjangkau sehingga dapat dinikmati oleh berbagai kalangan.

Di warung mbak Wiwit ini misalnya, di lingkungan Ngawen, Semanten, Pacitan menjual sayur Kalakan dengan harga sangat terjangkau.

“Harganya Rp12 ribu mas, itu tiga tusuk kalakan, nasi dan minum,”katanya saat berbincang dengan Pacitanku.com, belum lama ini.

Video Sayur Kalakan Pacitan: