Amazing, Sensasi Matahari Terbit dari Puncak Sentono Genthong Pacitan

oleh -4.022 views
Indahnya panorama pagi Sentono Genthong. (Foto: Awik Baidawi)

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Kawasan wisata Sentono Genthong yang terletak di Dusun Dadapan, Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku kini bisa menjadi primadona baru wisata di Pacitan.

Meski baru 20 persen pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa setempat per bulan Mei 2018, namun rupanya para traveller sudah tidak sabar untuk mengunjungi Sentono Genthong yang menurut sejarahnya adalah bekas petilasan.

Lalu, apa momen terbaik untuk mengabadikan kawasan Sentono Genthong? Tentunya setiap saat bisa menyaksikan panorama Kota Pacitan dari atas bukit kars Sentono Genthong. Namun, salah satu waktu terbaik untuk mengabadikan puncak Sentono Genthong adalah saat matahari terbit atau sunrise.  Ya, sunrise adalah salah satu terbaik untuk menikmati panorama mahakarya Ilahi yang sangat indah ini.

Indahnya panorama pagi Sentono Genthong. (Foto: Awik Baidawi)

Salah satu fotografer kenamaan Pacitan, Awik Baidawi mengabadikan momen epic Sentono Genthong saat pagi hari. Hasilnya luar biasa.

Kombinasi warna jingga dari langit memancar dari latar belakang gunung Limo. Sentuhan siluet dengan tambahan gemerlap cahaya lampu-lampu milik masyarakat di wilayah Kota Pacitan menambah sentuhan luar biasa pemandangan matahari terbit dari puncak Sentono Genthong.

Baca juga: Menikmati Keindahan Panorama Pacitan dari Sentono Genthong

Indahnya panorama pagi Sentono Genthong. (Foto: Awik Baidawi)

Panorama semakin luar biasa tatkala awan tipis-tipis seperti kapas menghiasi langit-langit di atas Kota Pacitan. Menikmati pemandangan tersebut, kita seakan berada di sebuah negeri atas awan. Inilah panorama yang Anda dapatkan saat berada di kawasan tersebut di pagi hari jelang matahari terbit.

Dari atas puncak Sentono Genthong, Anda bisa menyaksikan dengan jelas Teluk Pacitan yang membiru. Lekuk Teluk Pacitan yang menjorok ekstrim ke daratan ditambah buih-buih putih yang menghiasi lautan, menambah lengkap dan kaya panorama Sentono Genthong di pagi hari. Cobalah dan nikmati sensasinya.

Sebagai informasi, letak Sentono Genthong ini berada di atas bukit jurang kars. Jika Anda berkunjung ke kawasan tersebut, puncak bukit karang yang dulunya adalah petilasan atau tempat pertapaan ini menyajikan panorama alam yang memesona.

Indahnya panorama pagi Sentono Genthong. (Foto: Awik Baidawi)

Dan dengan harga tiket hanya Rp 10 ribu (per Mei 2018), Anda dapat menikmati kawasan wisata yang dikelola oleh Pemerintah Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku ini.

Adapun, rute yang bisa Anda lalui untuk menuju ke Sentono Genthong bisa melalui jalur bus di Pacitan-Solo, sesampai di Desa Dadapan, sebelum pertigaan Anda bisa mengikuti jalur menurun ke kanan jalan hingga menuju ke kawasan wisata Sentono Genthong.

Jaraknya, sekitar 20 meter sebelah selatan Balai Desa Dadapan, Pringkuku ke arah kiri atau timur. Atau jika ditempuh dari arah Pacitan, bisa melewati setelah 10 meter rumah Kepala Desa Dadapan.

Rute menuju kawasan ini bisa dilalui dengan kendaraan roda dua dan roda empat, namun demikian mesti hati-hati karena jalanan yang dibangun baru rabatan dan bukan jalan aspal.

Traveller, cobalah dan rasakan sensasinya mengabadikan momen-momen terbaik di tempat terbaik. Welcome to Sentono Genthong. 

Menikmati Keindahan Panorama Pacitan dari Sentono Genthong Satu lagi obyek wisata di Pacitan yang bisa menjadi referensi liburan Anda bersama keluarga. Adalah wisata Sentono Genthong, yang merupakan destinasi wisata yang tak boleh Anda lewatkan kala berkunjung ke Pacitan. Sebagai informasi, letak Sentono Genthong ini berada di atas bukit jurang kars, dan jika berada di kawasan tersebut, akan menikmati sejuta pesona karena akan melihat di sepanjang sudut mata, Kota Pacitan terlihat jelas tanpa penghalang, teluk Pacitan dengan latar belakang kawasan Gunung Limo yang menjadi titik terindah di kawasan ini. Wisata Sentono Genthong ini merupakan kawasan di puncak bukit karang dengan pemandangan Teluk Pacitan, yang terletak di Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku. Jika Anda berkunjung ke kawasan tersebut, puncak bukit karang yang dulunya adalah petilasan atau tempat pertapaan ini menyajikan panorama alam yang memesona. Dan dengan harga tiket Rp 10 ribu (per Mei 2018), Anda dapat menikmati kawasan wisata yang dikelola oleh Pemerintah Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku ini. Adapun, rute yang bisa Anda lalui untuk menuju ke Sentono Genthong bisa melalui jalur bus di Pacitan-Solo, sesampai di Desa Dadapan, sebelum pertigaan Anda bisa mengikuti jalur menurun ke kanan jalan hingga menuju ke kawasan wisata Sentono Genthong. Dihimpun dari berbagai sumber sejarah, banyak yang meyakini bahwa Sentono Genthong adalah bekas petilasan. Disebut Sentono Genthong, dikarenakan kawasan ini berisi tulang dan diberi tungku kecil tanpa tiang. Sedangkan penamaan Genthong, merupakan tungku yang terbuat dari tanah liat. Versi lain, menurut cerita sejarah, pada zaman penjajahan Belanda, sekitar tahun 1871, tulang yang berada di kawasan Sentono Genthong hilang, dan genthong di kawasan tesebut bocor, yang disebutkan hilangnya tulang tersebut diambil oleh salah satu juru tulis di Pacitan bernama Lamrez. Banyak cerita yang bisa mengungkapkan sejarah kawasan Sentono Genthong, salah satunya adalah cerita yang menyebut Senthono Gentong adalah tumbalnya Pulau Jawa. Credits Photo 📷 @arifsasono/Humas Pemkab Pacitan dan @frendi_setiawan_pradikdo . #Pacitanku #BangggaPacitan #Pacitan

A post shared by Pacitanku.com (@pacitanku) on