Dua Lifter Putri Pacitan Ikuti Popnas XV 2019

oleh -245 views
Atlet angkat besi berfoto bersama Gubernur Khofifah. (Foto: Suparman Maman)

Pacitanku.com, PACITAN – Dua atlet angkat besi (lifter) asal Pacitan, Amel Candra Novitasari dan Luluk Diana turut memperkuat kontingen Jawa Timur dalam Pekan Olah Raga Pelajar Nasional (Popnas) XV Tahun 2019 di Jakarta, 17-25 November.

Amel dan Luluk tergabung dalam 289 orang yang terdiri dari 198 atlet, 39 pelatih dan 12 ofisial yang akan berlaga dalam event tersebut.

“Target kami mendapat medali terbanyak dan meraih juara umum,” ujar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di sela pelepasan atlet Popnas Jatim di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Jumat.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut sudah meminta pemimpin kontingen yang dikomandani Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jatim Supratomo melakukan hitung-hitungan medali yang dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan juara umum.

Baca juga: Lifter Asal Pacitan Amel Candra Rebut Emas di Indonesia International Weightlifting Championships

Gubernur Khofifah berharap atlet-atlet yang diturunkan pada Popnas tahun ini tampil semaksimal mungkin dan mampu membawa harum nama Provinsi Jatim di dunia olahraga Tanah Air.

Sementara itu, komandan kontingen Jatim Supratomo menyampaikan seluruh atlet yang dikirim, bakal mengikuti seluruh nomor pertandingan yang terdiri dari 13 cabang olahraga dengan memperebutkan 221 nomor.

“Harapan kami juara umum dan meraih 48 medali emas untuk mengunci gelar juara umum. Semoga dengan kekuatan dan motivasi atlet, kami mampu mencapainya,” kata Supratomo.

Popnas yang sedianya digelar di Papua tersebut hanya mempertandingkan 13 dari 20 cabang olahraga yang dijadwalkan sebelumnya. Sebanyak 13 cabang olahraga tersebut yakni atletik, angkat besi, bulu tangkis, bola voli pasir, dayung, judo, karate, panahan, pencak silat, renang, sepak takraw, taekwondo, dan tarung derajat.

Selain itu, dari 13 cabang tersebut ada beberapa cabang yang digelar di luar Jakarta, seperti taekwondo di Cibinong, lalu dayung di Cipule di Karawang, serta tarung derajat di Bandung. Event ini diikuti 3.653 orang dengan rincian 2.631 atlet, 667 pelatih, dan 355 ofisial.

Amel  Candra sendiri pada tahun 2019 ini sukses menorehkan beberapa catatan prestasi. Pada bulan juli lalu, Amel bersama Luluk menyumbangkan medali dalam  Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Jawa Timur tahun 2019. Luluk Diana berhasil menyumbangkan  tiga medali emas di kelas 45 kilogram Snats, C&J, sementara Amel Candra berhasil menyumbangkan tiga medali perunggu di kelas 45 kilogram snats, C&J.

Sebulan berselang, pada Sabtu (31/8/2019) lalu, Amel yang tergabung di klub Bina Satria Punung ini berlaga di perlombaan nomor pre youth putri +40kg “2nd Indonesia International Weightlifting Championships” di Semarang dan suskes menjadi yang terbaik dan berhak mendapatkan medali emas.

Lifter berusia 12 tahun berhasil menjadi yang terbaik pada nomor tersebut dengan dengan total angkatan 108 kg, dengan rincian angkatan snatch 48 kg dan clean and jerk 60 kg.