Pembangunan Tanggul di Desa Kembang Diharapkan Cepat Selesai

oleh -491 views
Peninjauan proses pembangunan tanggul di Dusun Kiteran Desa Kembang Kecamatan Pacitan pada Selasa (8/10/2019). (IST)

Pacitanku.com, PACITAN – Pembangunan tanggul di Dusun Kiteran, Desa Kembang, Kecamatan Pacitan diharapkan segera selesai mengingat musim hujan akan segera datang.

Hal tersebut disampaikan Bupati Indatato di sela peninjauan proses pembangunan tanggul di Dusun Kiteran Desa Kembang Kecamatan Pacitan pada Selasa (8/10/2019).

“Semoga dalam pekerjaan pembangunan tanggul ini cepat selesei dikarenakan musin hujan diperkirakan turun di akhir tahun ini, dari Pemda  juga mendesak  pemerintah pusat untuk segera mencairkan dana pembangunan tanggul,”kata Indartato.

Anggaran tanggul di Desa Kembang dan Sirnoboyo sendiri sebesar Rp 1,5 miliar dari APBD. Karena keterbatasan anggaran pula, maka perbaikan untuk tahun ini belum dapat dilakukan secara optimal.

Namun demikian, paska perbaikan, kondisi bangunan air penangkal banjir tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Yakni menahan luapan sungai Grindulu saat musim hujan.

Selain mengupayakan perbaikan melalui dana APBD, pemkab juga berusaha mendapatkan suntikan anggara, baik dari pemerintah provinsi maupun pusat melalui koordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo.

Sementara Komandan Rayon Militer (Danramil) 0801/Pacitan Kapten Inf Wahyu Jatmiko yang mendampingi Bupati berharap dengan adanya bangunan tanggul tersebut bisa membuat masyarakat setempat merasa nyaman.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Pemda yang membangun tanggul disini, yang merupakan wilayahnya Koramil 0801/01 Pacitan, semoga dengan dibangunnya tanggul di Desa Kembang ini masyarakat menjadi aman dan tenang, terhindar dari bencana banjir,”ujar dia.

Kegiatan peninjauan pembangunan tanggul tersebut juga dihadiri para pejabat Pemkab, Kepolisian, kepala desa setempat, tokoh agama dan tokoh masyarakat. (RAPP002)