Piknik Asyik di Pesona Ngiroboyo Pacitan

oleh -314 views

Pacitanku.com, DONOROJO – Apakah anda sedang mencari tempat rekreasi keluarga murah meriah namun sekaligus mengedukasi? Kini tak perlu khawatir, sebab di Pacitan ada satu kawasan wisata Pantai yang bisa mengajak Anda untuk mencintai alam, sekaligus menikmati panorama dan keindahan Pantai, yakni kawasan wisata Pantai Ngiroboyo, yang dinamakan dengan wisata Pesona Ngiroboyo.

Kawasan Wisata Pesona Ngiroboyo adalah salah satu kawasan wisata yang terletak di Dusun Sambi, Desa Sendang kecamatan Donorojo. Pantai Ngiroboyo merupakan salah satu Pantai yang ada di Pacitan yang memiliki keunikan tersendiri yaitu adanya pasir hitam yang mendominasi sebagian besar Pantai.

Jika kebanyakan pantai salah satu daya tariknya adalah pasirnya yang putih, Pantai Ngiroboyo justru kebalikannya. Salah satu daya tariknya adalah pasir hitamnya yang mendominasi sebagian besar pantai. Ketika terpapar sinar matahari, pasir hitam tersebut nampak berkilauan, apalagi setelah tersapu ombak laut selatan.

Pantai Ngiroboyo sendiri lokasinya sebenarnya tidak terlalu jauh dari Pantai Klayar. Dan saat ini, pengelolaan Pantai Ngiroboyo langsung dikelola oleh Karang Taruna Boyo Ireng, Dusun Sambi, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, dan secara resmi dikelola sejak bulan Desember 2015.

Dan sebelum dikelola oleh warga secara terpusat, di kawasan ini sempat digelar festival dayung Ngiroboyo selama beberapa kali dan cukup menyedot wisatawan yang berkunjung kesana. Bahkan festival dayung ini menarik minat mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Semarang untuk melakukan penelitian tesis di kawasan wisata ini.

Pantai Ngiroboyo yang alami (Dok.Pacitanku)
Pantai Ngiroboyo yang alami (Dok.Pacitanku)

Selain dapat menikmati wisata pantai, pengunjung juga bisa menikmati menyusuri sungai Maron yang masih satu area dengan kawasan pantai. Dari Ngiroboyo, pengunjung dapat menyusuri sungai menuju ke sebelah timur pantai terdapat muara Sungai Maron yang hulunya berada di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku.

Per tahun 2019 ini, pengunjung bisa menyewa perahu untuk menyusuri sungai Maron lewat Ngiroboyo dengan kapasitas 6 penumpang sebanyak 34 unit. Perahu besar ini disewakan dengan harga Rp 100 ribu/jam.

Sedangkan di bagian utara, terdapat camping ground yang bisa digunakan untuk berkemah. Selain itu, agar semakin banyak pengunjung berwisata di Kawasan Pantai Ngiroboyo, pengelola setempat yang terdiri dari Karang Taruna masyarakat setempat menyediakan sejumlah fasilitas pendukung wisata,

Di Pantai Ngiroboyo kita bisa bermain ombak di tepi pantai, tetapi tidak disarankan untuk berenang di pantai karena ombaknya besar. Selain itu, bagi yang tidak ingin berbasah-basah, bisa bersantai menikmati suasana pantai di gazebo sederhana yang banyak dibangun di tepi pantai. Pengunjung juga bisa menikmati sejumlah fasilitas lain, seperti ayunan, berfoto di phootobooth yang sudah disediakan.

Selain fasilitas utama berupa kapal besar, pengelola juga menyediakan fasilitas tambahan yakni perahu kecil kapasitas 1 penumpang sebanyak 4 unit dan river tubing sebanyak 24 unit.

River tubing sendiri kini bisa dinikmati jika Anda ingin menikmati sensasi sendiri bermain ban besar di hulu sungai dengan kedalaman sekitar 4 sampai 6 meter. Sementara fasilitas perahu kecil juga bisa Anda nikmati jika Anda ingin merasakan sensasi mendayung perahu sendiri. Perahu kecil tersebut disewakan pengelola setempat dengan biaya sewa Rp 25 ribu/jam.

Selain berbagai fasilitas di dalam air tersebut, Pantai Ngiroboyo mempunyai tepi berupa dataran yang luas sehingga sangat cocok untuk aktivitas camping, outbound training maupun aktivitas outdoor  lainnya. Pada hari-hari biasa masih lumayan sepi, dan agak ramai di hari-hari libur.

Walau masih baru tahap awal pengembangan, tetapi sarana penting sudah ada di Pantai Ngiroboyo ini. Sarana MCK dan air tawar bersih sudah tersedia di area pantai. Area parkir di kawasan pesona ngiroboyo ini juga cukup luas sehingga banyak digunakan untuk memuat banyak kendaraan.

Untuk semakin mengembangkan wisata, sejumlah investor juga mulai membangun penginapan atau homestay di kawasan ini.

Selain itu, warung-warung makan pun sudah banyak berdiri, sehingga bagi pengunjung tidak perlu khawatir walau tidak membawa bekal makan-minum. Harga makanan-minuman di pantai ini tergolong murah meriah dan terjangkau. Kawasan wisata ini juga terus melakukan promosi aktif secara digital melalui instagram @pesonangiroboyo.