Raih Opini WTP 5 Kali Berturut-turut, Indartato: Terimakasih Masyarakat Pacitan

oleh -178 views
Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Pacitan Indartato pada Rabu (2/10/2019) di gedung Negara Grahadi Kota Surabaya. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, SURABAYA – Kabupaten Pacitan kembali mendapatkan penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Prestasi ini adalah kelima kali secara berturut-turut tercatat mulai dari tahun 2014 sampai tahun 2018.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Pacitan Indartato pada Rabu (2/10/2019) di gedung Negara Grahadi Kota Surabaya.

Seperti dalam siaran pers Humas Pemkab Pacitan, Kabupaten Pacitan mendapat penghargaan sebagai satu-satunya Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang mendapat Opini WTP tanpa catatan selama lima kali berturut-turut mulai 2014-2018.

Raihan ini merupakan perolehan opini WTP ke-8 kalinya dan satu-satunya Kabupaten/Kota di Jawa Timur dengan capaian opini WTP lima kali berturut-turut tanpa catatan.

Atas raihan tersebut, Bupati Indartato menyampaikan terimakasih kepada semua elemen masyarakat Pacitan.

“Alhamdulillah. Pacitan merupakan satu-satunya Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang berhasil memperoleh opini WTP (wajar tanpa pengecualian) tanpa catatan dari BPK RI selama 5 kali berturut-turut mulai 2014-2018, terima kasih kepada semua aparatur Pemkab Pacitan, instansi terkait dan masyarakat Pacitan atas dukungannya,”kata Indartato seperti dikutip dari laman Instagramnya @Indartato, Kamis (3/10/2019).

Di Jawa Timur, 35 dari 38 Kabupaten Kota di Jawa Timur, menerima penghargaan atas raihan WTP dari Kementerian Keuangan. Dan hanya 3 wilayah yang belum meraih WTP, dua Kabupaten dan satu Kota.

Usai pemberian penghargaan, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, Kabupaten Pacitan menjadi wilayah yang berhasil meraih WTP sebanyak lima kali berturut turut. Sedangkan Kabupaten Sampang, pertama kali berhasil meraih WTP.

“WTP yang 5 tahun berturut-turut itu Pacitan, dan apresiasi kita, Sampang untuk pertama kalinya WTP,” katanya.

Pacitan berhasil meraih WTP titik, sebetulnya ada yang sudah dapat penghargaan WTP sampai 7 kali atau 8 kali, yakni kota Malang. Tetapi beberapa kalinya itu WTP DPP atau Dengan Paragraf Penjelasan.

Sementara itu, tiga wilayah yang belum mendapat WTP adalah Kabupaten Jember, Kota Pasuruan, dan Kabupaten Tulungagung.

WTP berkaitan dengan laporan keuangan dan administrasi pencatatan. WTP adalah opini tertinggi dari BPK atas laporan keuangan instansi pemerintah.