Indahnya Pesona Pantai Srau, dari Pasir Putih Hingga Lembayung Senja

oleh -283 views
PANTAI SRAU. Pantai Srau adalah satu dari sekian banyak pantai di Pacitan yang menjadi tujuan favorit para wisatawan. (Foto: Dok Pacitanku)

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Pacitan memang dikenal memiliki pantai-pantai cantik dengan pasirnya yang berwarna putih. Dan ada banyak pantai di Pacitan yang menyajikan panorama yang begitu indah.

Salah satu pantai terbaik yang dimiliki oleh Kabupaten Pacitan adalah Srau. Pantai ini merupakan tujuan wisata favorit karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari Kota Pacitan.

Pantai Srau adalah satu dari sekian banyak pantai di Pacitan yang menjadi tujuan favorit para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Selain memiliki pesona pantai, ombak dan batu karang yang indah, pantai yang terletak di Dusun Srau, Desa Candi, Pringkuku, Pacitan ini memiliki pesona lain yang tak kalah menariknya, yakni lembayung senja.

Adapun, jarak tempuh dari Kota Pacitan hanyalah sekitar 21 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih 45 menit saja. Jika Anda membayangkan pantai dengan pasir putih berkilau dan air laut yang jernih, maka semua itu tersaji di Pantai Srau.

Pantai Srau
Pantai Srau yang elok

Pasir putih di pantai ini pun begitu lembut, tetapi tidak lengket di kulit sehingga nyaman untuk dipijak. Hal itu juga membuat Pantai Srau pas untuk bermain air. Meski demikian seperti tipikal pantai di pesisir selatan Jawa, ombak cukup besar sehingga kurang pas untuk aktivitas berenang.

Kawasan Pantai Srau juga cukup luas sehingga bisa menampung banyak wisatawan. Total ada tiga kawasan pantai pasir putih di Srau ini. Biasanya pengunjung menyebutnya sebagai Pantai Srau 1, 2, dan 3.

Bagian pertama, adalah pantai yang letaknya tidak jauh dari pos tiket. Ombaknya besar dan warna laut masih biru laut serta pasir putih yang bersih. Di tengah laut menonjol beberapa bukit karang yang terlihat hidup ketika diterpa ombak yang besar.

Di bagian kedua, terletak kurang lebih 100 meter dari pantai pertama. Panorama pantai kedua hampir sama dengan pantai pertama. Pantai sangat bersih, biru dengan ombak yang besar, di bibir pantai dihiasi beberapa pohon kelapa yang tumbuh liar.

Ditambah lagi terdapat semacam anjungan dari bukit yang membuat kita leluasa melihat laut dari atas sehingga laut tampak seperti telaga. Disini pula terdapat semacam pintu gerbang pantai, yang bisa dijadikan spot yang pas untuk menikmati suasana atau mengambil gambar.

Pantai dibagian ketiga inilah yang menjadi hal yang cukup berbeda dan merupakan sensasi tersendiri saat berkunjung ke pantai Srau. Lokasi ketiga, terletak di sebelah barat lokasi kedua atau terletak pada bagian paling barat dari Pantai Srau tersebut. Pada bagian ini terdapat fasilitas berupa anjungan kecil.

Dari anjungan tersebut kita dapat menikmati pemandangan sunset yang menawan. Sebenarnya lebih menarik bagian kedua dan pertama, namun karena sunset atau lembayung senja inilah yang menjadikan pantai Srau menjadi nampak lebih indah.

Setiap sore, banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai Srau tidak melewatkan momen – momen istimewa dengan menikmati lembayung senja yang pemandangannya sangat indah. Selain melakukan swafoto, mereka biasanya melakukan adegan menangkap mentari senja. Adegan foto inilah yang sering dilakukan oleh para wisatawan yang sengaja ingin menikmati Srau.

Perpaduan pasir putih, batu karang yang berdiri tegak, ombak, dan panorama mentari yang akan kembali ke peraduannya inilah yang menjadi daya tarik tersendiri di Pantai Srau. Agar tak kehilangan momen – momen berharga, banyak juga para wisatawan dari luar yang rela menikmati sunset sekaligus menginap di pantai indah nan mempesona ini.

Nah, selamat berkunjung dan menikmati indahnya pesona Pantai Srau, hanya di Pacitan.