Muhammad Thoha Ambil Formulir Pendaftaran Cabup Pacitan di Nasdem

oleh -400 views
Komisioner Pengawas Haji Indonesia (KPHI) Muhammad Thoha resmi mendaftar sebagai Calon Bupati (Cabup) Pacitan melalui Partai Nasional Demokrat (Nasdem). (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Komisioner Pengawas Haji Indonesia (KPHI) Muhammad Thoha resmi mendaftar sebagai Calon Bupati (Cabup) Pacitan melalui Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Pria yang akrab disapa Thoha itu mengambil formulir pendaftaran Cabup Pacitan pada Rabu (2/10/2019) di Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kabupaten Pacitan.

Sekretaris DPD Partai Nasdem Pacitan Eko Hadi Susilo mengatakan Thoha merupakan pendaftar pertama di partai yang dipimpin oleh Surya Paloh tersebut.

“Pak Thoha sebagai pendaftar pertama di Nasdem, masih ada beberapa yang nantinya akan mengambil form pendaftaran untuk mengikuti mekanisme di internal partai,”katanya saat dihubungi Pacitanku.com, Rabu siang.

Baca juga: Polling Pilbup Pacitan: Siapa Tokoh Cabup Pilihanmu?

Lebih lanjut, Eko mengatakan partainya membuka pendaftaran kepada putra-putri terbaik untuk membangun Pacitan selama lima tahun kedepan.“Nasdem membuka pendaftaran kepada putra putri terbaik untuk ikut serta membangun Pacitan lima tahun ke depan, tanpa mahar,”ungkapnya.

Menurut Eko, pihaknya melaksanakan mekanisme pendaftaran sesuai dengan PO DPP Partai Nasdem.

“Kami menerima berkas untuk selanjutnya kami serahkan ke DPP melalui DPW Jatim. Nanti akan ada survey dari lembaga survey nasional untuk mengukur tingkat popularitas, kapabilitas dan elektabilitas calon,”katanya.

Sementara, terkait koalisi bersama sejumlah Partai Politik (Parpol) di Pacitan, pihaknya mengaku koalisi tersebut tetap jalan dalam wadah silaturahmi.“Koalisi tetap jalan bersama partai lain dalam wadah forum silaturahmi antar parpol,”pungkasnya.

Secara komposisi kursi pencalonan, Partai Nasdem Pacitan mengharuskan untuk berkoalisi dengan partai lain.

Berdasarkan Undang-Undang (UU) Pilkada Nomor 10 tahun 2016 tentang persyaratan pencalonan Pilkada yang juga dituangkan dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 tahun 2017 menjelaskan jumlah kursi partai politik (Parpol) maupun gabungan parpol wajib memiliki syarat dukungan minimal 20 % dari total kursi di DPRD.

Saat ini kursi Partai Nasdem di DPRD Pacitan hanya dua kursi. Hal itu berarti mengharuskan Nasdem berkoalisi dengan partai lain untuk mencapai syarat minimal Cabup Pacitan, yakni 9 kursi.

Baca juga: Pertarungan ‘Sesungguhnya’ Cabup Pacitan adalah Memperebutkan Rekomendasi Partai Demokrat

Sebelumnya, Muhammad Thoha  menyatakan dirinya siap maju menjadi Calon Bupati (Cabup) Pacitan periode 2021-2026.

Saat ditemui awak media, Sabtu (7/9/2019), Thoha mengaku maju sebagai Cabup bukan karena ambisi, melainkan dorongan dari berbagai kalangan masyarakat, mulai tokoh politik, hingga tokoh masyarakat sejak beberapa tahun lalu.

“Banyak tokoh masyarakat dan berbagai kalangan menginginkan saya mencalonkan sejak tahun 2017 lalu, namun pada saat itu saya tolak, karena merasa belum mampu, namun berjalannya waktu dan pada 2019 ini saya kembali didorong untuk maju,”kata dia.

Pria berusia 54 tahun yang merupakan warga Desa Kembang, Kecamatan Pacitan ini mengatakan jika nanti mendapatkan amanah dari masyarakat akan memberikan perubahan yang baik untuk Kabupaten Pacitan, dari segi ekonomi, pariwisata, infrastruktur dan pendidikan.

Pilbup Pacitan sendiri direncanakan akan dilaksanakan pada Rabu (23/9/2020) mendatang. Saat ini tahapan pelaksanaan Pilbup Pacitan sudah dimulai oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan. (RAPP002)