Kejurnas Livoli Digelar di Pacitan, Banyak Atlet Berbakat dari Kampung Halaman SBY

oleh -1.831 views
DIMULAI. Kejuaraan Livoli Divisi 1 tahun 2019 dimulai pada Minggu (22/9/2019). (Foto: Bambang Setyo Utomo/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN –  Sebanyak 25 klub bola voli Tanah Air bersaing untuk menjadi yang terbaik pada Kejuaraan Nasional Antarklub Livoli Divisi I 2019 di GOR Kabupaten Pacitan 22-29 September dan kejuaraan ini adalah yang pertama digelar di kampung halaman Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut.

“Ini merupakan sejarah bagi Pacitan, karena baru pertama kalinya kami menyelenggarakan kejuaraan tingkat nasional,” kata Ketua Panitia Livoli Divisi I, Eko Prasetyo Wahyudiarto di Pacitan, dalam keterangan resminya.

Menurut Prasetyo, bola voli sangat marak di Pacitan, terutama kejuaraan tidak resmi atau antar-kampung. Untuk itu, pihaknya bergerak cepat setelah mendapatkan peluang untuk menjadi tuan rumah kejuaraan tingkat nasional seperti Livoli.

Baca juga: Ada Total 49 Pertandingan, Kejurnas Livoli Divisi I Pacitan Resmi Dimulai

25 klub yang bakal berlaga ini terbagi atas 14 klub putra dan 11 klub putri. Sebagai tuan rumah, Pacitan juga tidak tinggal diam karena menyumbangkan satu timnya untuk bertanding di sektor putra yaitu Amanah Pacitan.

Pacitan sendiri, kata Prasetyo mempunyai pemain-pemain muda yang potensial dan berbakat. Bahkan, satu pemain Timnas SEA Games 2019 berasal dari Pacitan yaitu Novia Andriani. “Pacitan pernah menjadi juara junior tingkat Jawa Timur. Makanya kami juga berperan dalam kejuaraan ini dengan mengirim satu tim,” katanya menambahkan.

Ketua Panitia Livoli Divisi I, Eko Prasetyo Wahyudiarto (kanan) bersalaman dengan Wakil Ketua Bidang Pertandingan dan Kompetisi Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI), Regi Nelwan, di Pacitan, di Pacitan, Sabtu (21/9/2019). (Foto: PP PBVSI)

Sementara itu Ketua KONI Pacitan, Sugi Hariyanto mengatakan ba voli merupakan olahraga paling digemari di Pacitan. “Olahraga voli menjadi olahraga yang paling digemari di Pacitan. Bukan sepakbola. Kami sangat senang Mas Pras nekat menyelenggarakan Livoli untuk pertama kalinya di Pacitan,” kata Sugi.

Wakil Kepala Bidang Pertandingan dan Kompetisi Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI), Regi Nelwan, mengatakan, finalis kejuaraan Livoli I ini akan naik strata tahun depan. Juara dan runner up akan tampil di Livoli Divisi Utama.

Sebanyak 25 klub Voli seluruh Indonesia mengikuti kejurnas ini, diantaranya untuk klub putra adalah klub Bimantara Kelungkung, Dhaksinarga, Ganevo, Jenggolo, Mabes TNI, Mars Kota Probolinggo, Amanah Pacitan, Pasundan, PDAM Kudus, Putra Porneo, SGS Kab Bekasi, Sukun Badak, Surya Muda dan Vobgard.

Untuk kategori putri, klub yang ikut dalam kejuaraan tersebut adalah Aruna Putri Banyuwangi, Bahana Bank Bjb Pakuan, Bhayangkara Pati, Caroline, Jenggolo, Mabes TNI, Petrokimia, Vovgard, VVV, Wahana Express Group dan Yuso.

Pada hari pertama kali ini, Kejurnas tersebut diawali dengan laga Yuso Yogyakarta vs Mabes TNI, kemudian Wahana Express Group vs Bhayangkara Pati dan dilanjutkan Bahana Bank BJB Pakuan vs Vobgard.

Setelah pembukaan, dilanjutkan laga Aruna Putri Banyuwangi vs Caroline, kemudian Surya Muda vs PDAM Kudus, kemudian Dhaksinarga vs Sukun Badak dan Vobgard vs Ganevo.

Dalam kejuaraan yang diikuti 25 klub ini, akan dipertandingkan sebanyak 49 pertandingan, dimulai dari babak penyisihan hingga babak final. (RAPP002)