Tampil Moncer, Wahana Express Group Raih Gelar Juara Kejurnas Livoli

oleh -634 views
Tim dari WEG berhasil memenangkan laga melawan Petrokimia sekaligus menjadi juara Livoli Divisi I di Pacitan. (Foto: Dok PBVSI)

Pacitanku.com, PACITAN – Laga puncak Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Liga Voli Indonesia (Livoli) divisi I akhirnya tersaji.

Dua tim terkuat, yakni tim putri Petrokimia menantang tim kuat lainnya Wahana Express Group (WEG) dalam laga final yang digelar pada Minggu (29/9/2019) pukul 16.00 WIB di Gelanggang Olahraga (GOR) Pacitan, Kelurahan Sidoharjo, Pacitan.

Dalam laga tersebut, Petrokimia yang mengenakan kostum kuning memiliki line up Sella Anggraini Putri, Ajeng Nur Cahaya, A’yun Asrining Amalia, Bila Sabrina Agustina, Mediol Stiovanny Yoku, Alma shabira Atifa, Khoirun Nisak, Komang Bumi Rekta, Jesy Aisyah, Geofanny Eka, Berllian Marsheilla, Aisya Ayu Ristalia Putri, Siti Romadhani dan Anggun Vinata Vinata.

Laga final yang seru antara Petrokimia vs WEG. (Foto: Dok PBVSI)

Sementara, WEG yang mengenakan kostum merah muda juga menurunkan line up terbaiknya, yakni Tri Retno Mutiara Lutfi, Aulia Suci Nurfadila, Nindita Nadia Oktaviani, Aniesya Nurmasitoh, Fitriyani   Nurjanah, Tiara Ariance Ratna Sanger, Legisya Nurasyiah, Adila Cahya Choirunisa, Nurlaili Kusumah  Diningrat, Putri Andya  Agustina, Allya Nuroktavianda, Angelina Freschilas, Aurelya Feni  Wibowo dan  Wahida Muntaza.

Tampil cukup seru, kedua tim menunjukkan semangat tak kenal menyerah. Berkali-kalireli panjang terjadi di set pertama. Namun pada akhirnya di set pertama, WEG berhasil unggul atas Petrokimia dengan skor 25-17.

Poin kemenangan WEG di set pertama berawal saat pemain bernomor punggung 2 Aulia Suci Nurfadila melakukan service. Sempat terjadi reli panjang, bahkan pemain kedua tim sempat jatuh bangun.

Pada akhirnya smash keras dari Nurlaili Kusumah  Diningrat masuk ke jantung pertahanan Petrokimia. Sempat dikembalikan namun bola keluar lapangan dan menghasilkan satu poin kemenangan WEG di set pertama tersebut. 1-0 untuk WEG.

Pemain WEG Nurlaili saat melakukan service dalam laga melawan Petrokimia. (Foto: DOk PBVSI)

Di set kedua, kedua tim memainkan laga yang sangat menarik. Kejar-kejaran angka terjadi dan membuat Petrokimia unggul dengan skor 15-12. Tak patah arang, WEG pelan-pelan terus menyusul. Service menghujam Aulia Suci  Nurfadila sukses menghasilkan beberapa angka berturut-turut bagi WEG dan sukss menyamakan skor menjadi 15-15.

Kedua tim benar-benar tampil habis-habisan di pertandingan terakhir dan paling menentukan ini. Petrokimia tak tinggal diam, angka kembali diraih dengan skor sempat di angka 19-17. Alhasil, bola hasil service Aisya Ayu Ristalia Putri menghasilkan dua angka untuk Petrokimia.

Di set kedua ini, Petrokimia menunjukkan mental pantang menyerah. Hasilnya, mereka kembali unggul 23-21.  Hasilnya, service dari sang kapten Mediol Stiovanny Yoku menghadirkan kemenangan bagi Petrokimia di set kedua dengan skor 25-21. Skor sama kuat 1-1 dan laga berjalan sangat seru.

Di set ketiga, berjalannya semakin seru. Hal itu dengan adanya banyaknya terjadi reli-reli panjang dari kedua tim tersebut. Ingin mengeluarkan kemampuan terbaiknya di laga terakhir, Petrokimia dan WEG tampil ciamik.

Skor sempat diawali dengan keunggulan WEG atas Petrokimia dengan skor 5-1. Keunggulan WEG semakin menjauh berkat penampilan trengginas dari para pemainnya. Skor menunjukkan 15-8 untuk keunggulan WEG. Meski terjadi beberapa kali reli-reli panjang, WEG sukses menjaga jarak sehingga skor masih 23-18 masih untuk keunggulan WEG atas Petrokimia.

Poin penentu di set ketiga berhasil dipersembahkan oleh Nurlaili Kusumah Diningrat. Berawal dari service yang dilakukan oleh pemain Petrokimia Aisya Ayu Ristalia Putri, berhasil diterima pemain WEG dan diteruskan smash keras dan menghujam yang dilakukan oleh Nurlaili membuat WEG mengunci angka di skor 25-21. Atas hasil ini, kembali unggul 2-1.

Pemain Petrokimia Gresik saat melawan WEG. di laga ini Petrokimia kalah 1-3 atas WEG. (Foto: Dok PBVSI)

Di set keempat, kedua tim masih sama-sama ingin menghasilkan permainan terbaik. Namun permainan ciamik yang ditunjukkan WEG berhasil mempersembahkan angka demi angka bagi. Lagi-lagi mengandalkan spike Nurlaili, WEG berhasl mengungguli Petrokimia Gresik dengan skor 12-8.

Tak tinggal diam, Petrokimia pelan-pelan mulai menyusul hingga berhasil menyamakan kedudukan 15-15. Namun pada akhirnya WEG berhasil mengakhiri set keempat dengan kemenangan. Adalah smash keras dari Putri Andya Agustina memastikan WEG meraih kemenangan di set ketiga dengan skor 25-17.

Dengan kemenangan di set keempat ini, klub yang berasal dari Kota Bandung, Jawa Barat ini berhasil meraih gelar juara Livoli Divisi I tahun 2019 berkat kemenangan 3-1 atas Petrokimia.

WEG pun berhak atas hadiah Rp 20 juta, sedangkan Petrokimia Rp 12,5 juta yang berada di peringkat kedua. Adapun peringkat ketiga dan keempat diduduki Mabes TNI dan Bahana Bank BJB Pakuan, yang masing-masing mendapatkan Rp10 juta dan Rp7,5 juta.

Hasil akhir Livoli Divisi I tahun 2019 putri

Final 1-2 Livoli Divisi I: Petrokimia 1-3 WEG (17-25, 25-21, 21-25, 17-25)
Final 3-4 Livoli Divisi I: Mabes TNI 3-0 Bahana Bank bjb Pakuan (25-21, 25-19, 25-13)

Juara pertama putri: Wahana Express Group (WEG)
Juara kedua putri: Petrokimia Gresik
Juara ketiga putri: Mabes TNI
Juara keempat putri: Bahana Bank bjb Pakuan