Grup ‘Durbala Singkir’ Pringkuku Juara Umum Festival Ronthek Tahun 2019

oleh -4.144 views
Ronthek "Durbala Singkir" Pringkuku. (Foto: Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Grup Ronthek Raung Bambu dari Kecamatan Pringkuku berhasil menjadi juara umum Festival Ronthek Pacitan tahun 2019. Dengan hasil ini, Pringkuku sukses mengulangi kemenangan tahun 2018 lalu yang juga sukses menjadi juara umum.

Berdasarkan surat keputusan Dewan Juri Zulkarnain Mistortoify, Joko Suranto dan Sigit Setiawan, Pringkuku juga sukses meraih kategori penyaji terbaik dan penata musik terbaik.

Baca juga: Grup “Raung Bambu” Pringkuku Juara Umum Festival Ronthek Pacitan 2018

Sebagai informasi, Grup Raung Bambu Pringkuku dua tahun berturut-turut menjadi juara umum Festival Ronthek. Pada tahun 2018 lalu, Raung Bambu membuat karya dengan judul “Sri Boyong.”

Sementara pada tahun ini, mengambil judul karya “Durbala Singkir”, menjadi salah satu penampil Ronthek paling istimewa sepanjang perhelatan Festival Ronthek tahun ini.

Adapun, makna “Durbala Singkit” merupakan satu ekspresi penolak balak yang diambil dari adat tradisi ilir, sebagai ungkapan mengusir hawa negatif dan mendekatkan pada hawa positif. Dengan harapan menghilangkan hawa buruk yang menganggu manusia.

Sebagai informasi, sebagai koreografer grup Ronthek ini adalah Anang Setiawan dan composer Johan Adiyatma Baktiar. Grup Ronthek ini tampil pada hari kedua pada Jumat (13/9/2019).

Untuk hasil lainnya, ditetapkan enam penyaji terbaik non rangking kategori desa/kelurahan adalah nomor undian 3 Kelurahan Sidoharjo, nomor undian 4 Desa Sirnoboyo, nomor undian 13 Desa Arjowinangun, nomor undian 31 Kelurahan Pacitan, nomor undian 32 Desa Bangunsari dan nomor undian 34 Desa Tanjungsari.

Untuk kategori selanjutnya, empat penyaji terbaik non rangking kategori kecamatan adalah nomor undian 22 Kecamatan Pringkuku, nomor undian 27 Kecamatan Donorojo, nomor undian 28 Kecamatan Bandar dan nomor undian 29 kecamatan kebonagung.

Sementara, tiga penata musik terbaik non rangkin kategori desa kelurahan diraih oleh nomor undian 3 Kelurahan Sidoharjo, nomor undian 4 Desa Sirnoboyo dan nomor undian 31 Kelurahan Pacitan. Sedangkan dua penata musik terbaik non rangking kategori kecamatan diraih oleh nomor undian 22 Kecamatan Pringkuku dan nomor undian 27 Kecamatan Donorojo.