Yudi Sumbogo Siapkan Visi dan Misi untuk Maju Jadi Cabup Pacitan

oleh -739 views
Wabup Yudi Sumbogo saat di Perpustakaan Tegalombo. (Humas Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo yang bersiap maju menjadi Calon Bupati (Cabup) Pacitan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan tahun 2020 mendatang mengaku akan mempersiapkan visi dan misi secara komprehensif untuk menentukan arah pembangunan Pacitan.

“Apabila saya mendapat kepercayaan dari masyarakat Kabupaten Pacitan menjadi salah satu calon dan didukung partai Demokrat menjadi salah satu calon bupati Kabupaten Pacitan, saya akan mendesain visi-misi secara komprehensif, itupun dasar dari masukan – masukan masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang sebenarnya,”katanya pada Minggu (28/7/2019) di Pacitan.

Menurut pria yang akrab disapa Mbogo ini, visi dan misi calon Bupati akan menjadi perhatian masyarakat untuk menentukan pilihan.

Menurut dia, visi-misi calon pemimpin merupakan indikator penting bagi masyarakat dalam menentukan pilihan. Dengan adanya visi – misi yang terukur, rakyat bisa menilai mana yang realistis dan mana yang bersifat janji belaka.

“Fungsi visi – misi sangat penting sekali untuk dipahami bersama, jangan sampai setelah menjabat semua terlupakan,”ujar mantan Legislator Partai Demokrat ini.

Menurut Mbogo, visi-misi calon bisa diibaratkan seperti kompas, yang menentukan arah  untuk membangun daerah bila calon tersebut terpilih menjadi Bupati. “Arah pembangunan sangat penting sehingga mendorong kesejahteraan masyarakat baik di kota maupun di pedesaan,”tandas dia.

Terpisah, salah satu tokoh masyarakat di Kabupaten Pacitan, Rochani akan membantu menyiapkan tim guna mendukung pencalonan Mbogo sebagai calon bupati Pacitan periode 2020-2025 mendatang.

Sebelumnya, Mbogo mengaku siap maju dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan pada Rabu (23/9/2020) mendatang.“Saat ditanya kesiapan, kesiapan saya bisa dikatakan sudah lama. Bahkan waktu awal menjabat Wakil Bupati, saya sudah mempersiapkan diri menjadi  Calon Bupati,”katanya saat ditemui Pacitanku.com di kediamannya, Sabtu (27/7/2019).

Dia menyatakan kesediaannya maju melalui Partai Demokrat. Namun demikian, dia tetap menghormati mekanisme Partai Demokrat dalam memberikan rekomendasi pada kader Partai yang ikut didalamnya.

Baca juga: Wakil Bupati Yudi Sumbogo Siap Maju Pilkada Pacitan 2020

Mbogo sendiri mengaku sudah siap membangun Pacitan lebi baik lagi, diantaranya bisa membangun kemandirian ekonomi dan upaya penanggulangan kemiskinan berbasis sumber daya daerah, pemberdayaan masyarakat, serta terjaminnya kelestarian lingkungan.

Hingga saat ini, sejumlah nama mencuat seiring semakin dekatnya proses tahapan Pilbup Pacitan 2020. Selain sosok Yudi Sumbogo, sejumlah nama yang sudah muncul diantaranya Abror (Politisi PPP), Andung Damar Sasongko (Pengusaha, Aziz Ahmadi (Pensiunan TNI), Damhudi (Eks. Ketua KPU).

Kemudian juga Effendi Budi Wirawan (Politisi Golkar), Gagarin (Wakil Ketua DPRD), Hadi Suwarno (Pengusaha), KH Mahmud (Ketua PC NU), M Nurul Huda (Kepala Kemenag), Ronny Wahyono (Ketua DPRD), Sartono Hutomo (Anggota DPR RI), Subroto (Eks. ASN Kemenhub).

Nama berikutnya yang muncul menjadi kandidat bakal calon Bupati diantaranya Sudijono Sastroatmodjo (Eks. Rektor Unnes), Sugeng Nugroho (Pengacara), Sugi Bibit Harjanto (Ketua KONI), Sugianto (Politisi PDIP), Sugiharto (Pengusaha), Sugiri Sancoko (Politisi Partai Demokrat) dan Suko Wiyono (Sekda Pacitan).

Pewarta: Agus Hermawan
Penyunting: Dwi Purnawan