Keren, Video “Juang” SMAN 1 Tegalombo Jadi Terbaik 1 Nasional Lomba Video Pendek BNPT

oleh -131.677 views
JUARA. Video pendek berjudul “Juang” menjadi terbaik 1 nasional Lomba Video Pendek Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk pelajar SMA dan sederajat.

Pacitanku.com, PACITAN – Akhir yang membahagiakan. Itulah yang dicapai oleh anak-anak siswa dan siswi SMAN 1 Tegalombo, Pacitan, Jawa Timur saat dewan juri memutuskan video pendek berjudul “Juang” menjadi terbaik 1 nasional Lomba Video Pendek Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk pelajar SMA dan sederajat.

Video berdurasi 4,5 menit ini berhasil mengalahkan 9 nominator atau finalis lomba yang digelar BNPT untuk menumbuhkan rasa nasionalisme bagi pelajar di Indonesia.

Baca juga: Video “Juang” Karya SMAN 1 Tegalombo Menangi Lomba Video Pendek BNPT

Andik, pendamping teater koepoe SMAN 1 Tegalombo, kepada Pacitanku.com pada Kamis (29/11/2018) mengatakan dirinya merasa senang atas raihan membanggakan ini. “Perasaannya hore, salut buat semuanya,”katanya.

Lebih lanjut, Andik menceritakan ide awal dibuatnya video yang mengisahkan pertempuran arek-arek Suroboyo ini.

“Ide dri tim teater pengen munculin orang-orang kecil atau pejuang kecil yang ada dibalik para tokoh besar yang sebenarnya juga punya andil besar demi kemerdekaan indonesia,”jelasnya.

JUARA. Video pendek berjudul “Juang” menjadi terbaik 1 nasional Lomba Video Pendek Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk pelajar SMA dan sederajat.

“Keresahan, rasa takut yang ternyata dulu juga ada tapi tidak mnyurutkan pejuangan dan semangat mereka. Meski pada akhirnya biasanya tokoh pejuang kecil tersebut jadi veteran yang tidak dikenal dan tidak diketahui ceritanya,”imbuh dia.

Video yang dibuat oleh teater koepoe tersebut berdurasi 4,5 menit dan mengisahkan drama yang diceritakan oleh seorang kakek kepada cucunya dibalik perjuangan melawan penjajah dalam pertempuran 10 November 1945 di Kota Surabaya.

Ada gambaran pertempuran antara Belanda melawan arek-arek Suroboyo yang dikomandani oleh Bung Tomo dalam video tersebut. Ada juga satu adegan dimana seorang warga pada awalnya pesimis dengan orasi Bung Tomo, pada akhirnya ikut berjuang melawan penjajah saat itu.

Berikut video “Juang”karya anak-anak SMAN 1 Tegalombo: