Video “Juang” Karya SMAN 1 Tegalombo Menangi Lomba Video Pendek BNPT

oleh -102.513 views
Foto: Screenshoot Youtube Teater Koepoe

Pacitanku.com, PACITAN – Video pendek berjudul “Juang” karya siswa dan siswi SMAN 1 Tegalombo, Jawa Timur masuk dalam 10 pemenang video terbaik Lomba Video Pendek Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk pelajar SMA dan sederajat.

Video yang dibuat oleh teater koepoe tersebut berdurasi 4,5 menit dan mengisahkan drama yang diceritakan oleh seorang kakek kepada cucunya dibalik perjuangan melawan penjajah dalam pertempuran 10 November 1945 di Kota Surabaya.

Ada gambaran pertempuran antara Belanda melawan arek-arek Suroboyo yang dikomandani oleh Bung Tomo dalam video tersebut. Ada juga satu adegan dimana seorang warga pada awalnya pesimis dengan orasi Bung Tomo, pada akhirnya ikut berjuang melawan penjajah saat itu.

Staf Subdirektorat Pemberdayaan masyarakat BNPT, Fahrudin, seperti dikutip laman BNPT, Jumat (23/11/2018) mengatakan kesepuluh pemenang akan diundang ke Jakarta pada tanggal 27 – 29 November 2018.

Kepada mereka akan diberikan pembekalan dan pelatihan tambahan dari dewan juri, sekaligus penyampaian hadiah di malam Aneugerah Indonesia Damai. “Silahkan tunggu undangan dari panitia. Kalian yang karyanya masuk 10 besar akan segera kami hubungi,” kata Fahrudin.

Berikut adalah 10 video terbaik pemenang Lomba Video Pendek BNPT 2018 :

  1. Sedia – SMAN Modal Bangsa, Aceh
  2. Denotatif – SMAK Yos Sudarso, Kepulauan Riau
  3. Yang Terkikis – SMA Muhammadiyah Bangkinan Kota, Riau
  4. Seperadik – SMAN Pangkalpinang, Bangka Belitung
  5. Pejam – SMKN 1 Sungailiat, Bangka Belitung
  6. Garuda – SMA Islam Kebumen, Lampung
  7. Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita “Terbakar” – SMK Pasim Plus Sukabumi, Jawa Barat
  8. Satria – SMA 2 Madiun, Jawa Timur
  9. Juang – SMAN 1 Tegalombo Pacitan, Jawa Timur
  10. Pilu Ibu Pertiwi – SMK Inne Donghwa Penajam, Kalimantan Timur