Permudah Proses Perencanaan dan Penganggaran, Bupati Pacitan Luncurkan Aplikasi “LikIn”

oleh -2 Dilihat

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan meluncurkan aplikasi Aplikasi Terintegrasi Pemerintah Kabupaten Pacitan “LikIn” pada Jumat (9/11/2018) di Pacitan.

Bupati Pacitan Indartato saat memberikan sambutan dalam peluncuran “LikIn” mengatakan aplikasi ini berangkat dari kebutuhan Kabupaten Pacitan dalam proses perencanaan dan penganggaran serta sebagai salah satu rencana aksi pencegahan tindak pidana korupsi, dengan melihat perkembangan dan kemajuan teknologi informasi yang begitu pesat pada era sekarang ini.

Dia mengatakan dalam proses peluncurannya, pihaknya mendapat bantuan pengarahan dari Tim Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang didukung oleh konsultan dari Bandung dan tim 9 dari Pemkab Pacitan yang ingin mewujudkan aplikasi yang terintegrasi.

“Alhamdulilah setelah melalui proses yang panjang dan berliku akhirnya aplikasi yang mengintegrasikan antara perencanaan, penganggaran, penatausahaan, akuntasi dan aset bisa terwujud,”kata dia.

Dengan telah terwujudnya aplikasi yang terintegrasi dari perencanaan sampai dengan aset, imbuh Indartato, diharapkan tidak akan terjadi perbedaan antara perencanaan dengan penganggaran karena aplikasi ini akan diintegrasikan dengan e-monev, e-audit dan aplikasi lain yang dimungkinkan bisa di integrasikan.

“Untuk itu saya ucapkan banyak terimakasih kepada tim UNNES Semarang, konsultan Bandung, tim 9 Pacitan yang selama ini telah mencurahkan waktu dan tenaga untuk kemajuan Kabupaten Pacitan melalui terwujudnya aplikasi ini,”ujarnya.

Indartato mengatakan aplikasi yang mengintegrasikan antara perencanaan sampai dengan aset “LikIn” ini tidak hanya bermanfaat bagi Pemerintah Kabupaten Pacitan, tetapi juga sangat bermanfaat bagi masyarakat Pacitan.

“Dalam waktu dekat akan segara dilakukan sosialisasi, workshop dan bimbingan teknis bagi seluruh Perangkat Daerah untuk menjalankan aplikasi LikIn serta penyempurnaan dan pengembangan aplikasi ini,”pungkas dia.