Ratusan Anak Ikuti Khitan Gratis Baznas Pacitan

oleh -0 Dilihat
KHITAN BARENG. Wabup Pacitan menyerahkan bingkisan kepada peserta khitan massal di Pacitan. (Foto: Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Tak kurang dari 200 anak seluruh Kabupaten Pacitan mengikuti program khitan gratis yang digelar oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pacitan pada Kamis (8/11/2018) di Gedung karya Darma Pacitan. Kegiatan tersebut digelar bertepatan dengan peirngatan HUT Korpri ke-47, HUT Dharma wanita ke-19 dan hari kesehatan nasional ke-54.

Ketua Panitia Khitan massal Pemkab Pacitan Arbangi mengatakan kegiatan ini berkomitmen membantu keluarga kurang beruntung di Pacitan. Setelah dibuka, digelar kembali pada Jumat (9/11/2018) di Kecamatan Punung dengan target 200 peserta.

Arbangi menuturkan para peserta selain dikhitan gratis dengan tenaga profesional dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia atau PPNI Kabupaten Pacitan  juga memperoleh bingkisan berupa peralatan salat dan uang tunai. “Kami menghabiskan dana Rp 102 juta, yang kita terima dari para Muzakki ASN Pacitan,”katanya.

Sementara, Kepala Kemenag Pacitan Muhammad Nurul Huda mengatakan dalam konsep Islam, khitan merupakan kewajiban bagi semua laki-laki, dengan berkhitan seorang laki-laki menjadi pribadi Kaffah yakni Islam secara keseluruhan.

Dia mengatakan, lebih dari itu seorang laki-laki yang khitan menurut survei dinilai menjadi penyelamat istri, karena dapat menghindarkan bahaya kanker rahim yang mematikan hingga 70 persen. “Kami dari Kemenag sangat mendukung program ini, itulah alasan kami antusias menghadiri acara ini,”ungkapnya.

Sementara, Wabup Yudi Sumbogo pada kesempatan tersebut menghimbau kepada seluruh jajaran OPD dan Dinas Vertikal, untuk bersama-sama mengajak dengan cantik seluruh anggota ASN agar mengeluarkan infak dan zakat.

Sebagai upaya membersihkan harta serta bermanfaat bagi masyarakat yang kurang beruntung. “Semoga kegiatan kita yang baik ini dibalas baik pula oleh Allah,”kata dia. (Diskominfo)