Diduga Kelebihan Muatan, Mikro Bus Terguling di Tanjakan Sedeng

oleh -2.446 views
Laka lantas di tanjakan Sedeng, di Dusun Mloko Desa Sedeng Kecamatan Pacitan pada Senin (16/7/2018). (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Kecelakaan lalu lintas kembali terjadi jalur Pacitan, tepatnya di jalan alternatif Pacitan-Pringkuku di Dusun Mloko, Desa Sedeng Kecamatan Pacitan pada Senin (16/7/2018) sekitar pukul 07.30 WIB. Adalah kendaraan roda empat jenis Mikro Bus Mitsubishi dengan nomor polisi AE 7219 US putih terguling di jalan yang dikenal ekstrem tersebut.

Kepala Kepolisian Sektor Pacitan kota AKP Kusnan, saat dikonfirmasi Pacitanku.com membenarkan peristiwa kecelakaan tunggal tersebut. 

Laka lantas tersebut berawal saat mikro bus yang dikemudikan oleh Matal Siswanto (60) alias Wito warga RT/RW 03/X Desa Mangunharjo Kecamatan Ngadirojo tersebut melaju dari arah Pacitan menuju ke Pringkuku atau dari timur ke barat.

Menurut keterangan Wito, mikro bus tersebut membawa rombongan dari Montongan, Ketro Tulakan dan hendak ke Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Diduga kelebihan muatan karena berpenumpang 26, sesampai di tempat kejadian dengan kondisi jalan menanjak, kendaraan tersebut tidak kuat menanjak kemudian bergerak mundur dan menabrak tebing yang kemudian terguling. Kendaraan diduga mengalami keterlambatan mengurangi gigi, dari gigi dua ke gigi satu. 

Akibatnya kendaraan yang terguling tersebut menyebabkan empat penumpang mengalami luka ringan dan beberapa bagian kendaraan mengalami kerusakan.

Adapun korban yang mengalami luka adalah Jaimin (80) warga RT/RW 01/VI, Dusun Arjosari, Desa Ketro Kecamatan Tulakan yang dalam keadaa sadar namun menalami nyeri pada bagian dagu kanan.

Korban kedua adalah Rengga (10), warga RT/RW 02/VIII Dusun Katir Desa Ketro Kecamatan Tulakan yang mengalami nyeri pada kaki kanan dalam keadaan sadar.

Selanjutnya adalah Jamiyem (51) warga RT/RW 02/XV Dusun Gemaharjo, Desa Ketro Kecamatan Tulakan mengalami bengkak pada kening kanan dalam keadaan sadar.

Korban keempat adalah Yulia Setyawati (22) warga RT/RW 02/VIII yang mengalami nyeri pada pinggang dan dalam keadaan sadar. Yulia sendiri sedang dalam keadaan hamil saat peristiwa tersebut terjadi.

Sementara kendaraan mikro bus putih tersebut mengalami kerusakan di bagian bodi kanan kendaraan. Saat ini aparat yang mendatangi TKP telah mengamankan TKP. “Saat ini Laka lantas ini dalam penanganan unit laka lantas Polres Pacitan,”pungkas Kusnan.

Untuk diketahui, jalur ini merupakan salah satu jalur ekstrem di Pacitan versi Pacitanku.com

Pewarta: Dwi Purnawan, Wahyu Sapto Hartono