Kapolres Pacitan: Indonesia 10 Negara Teraman di Dunia

oleh
Kapolres Pacitan saat menjadi inspektur upacara di Mapolres Pacitan. (Foto: Wahyu Sapto Hartono/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Peringatan HUT Bhayangkara ke-72 mendapatkan “kado” berupa kabar baik karena dunia internasional telah menetapkan Indonesia ke dalam daftar 10 negara teraman di dunia.

Hal itu disampaikan Kapolres Pacitan AKBP Setyo Koes Heriyatno di Pacitan pada Rabu (11/7/2018) di Halaman Polres Pacitan Jalan Ahmad Yani nomor 60 Pacitan saat menjadi inspektur upacara sekaligus membacakan sambutan Presiden Joko Widodo dalam rangka HUT Bhayangkara ke-72.

Setyo menyampaikan, sesuai dengan amanatnya, Presiden memberikan apresiasi dengan sungguh-sungguh kepada anggota Polri yang bertugas di pedalaman diwilayah perbatasan terpencil dan di pulau terdepan serta yang sedang mengemban misi internasional di luar negeri.

Pada peringatan HUT Bhayangkara ke-72, Indonesia mendapat kabar baik karena dunia internasional telah menetapkan Indonesia ke dalam daftar 10 negara teraman di dunia berdasarkan “Law And Order Index” yang dikeluarkan oleh Lembaga Riset Internasional Gallups Law And Order.

“Ini tentu sebuah capaian yag membanggakan kita semua. Sebuah capaian yang harus kita jaga dan pertahankan yang merupakan hasil kerja seluruh elemen bangsa di dalamnya, tentu ada peran anggota, ada kerja keras, dedikasi dan pengabdian Polri,” katanya.

Diingatkan juga di era digital seperti sekarang ini Polri harus mampu mengantisipasi perkembangan tindak kejahatan yang semakin beragam, berevolusi dalam berbagai wujud.

Untuk itu, personel Polri diminta untuk memanfaatkan kemajuan teknologi dalam menghadapi kejahatan yang bersipat transnasional seperti ancaman kejahatan cyber, human trafficking, drug trafficking sampai dengan armed smuggiling.

“Seluruh anggota Polri jangan pernah lengah, tetap sigap dan waspada dalam menjalankan tugas , selalu mengembangkan diri dan terobosan untuk mengatasi berbagai ancaman yang ada. Polri harus selalu melakukan pemataan dini atas potensi ancaman keamanan dan ketertiban yang terjadi dalam masyarakat selanjutnya lakukan langkah pencegahan,” harapnya.

Selain itu, Presiden juga mengingatkan tugas-tugas besar yang sedang menanti Polri mulai dari pengamanan rangkaian tahapan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden tahun 2019, serta pengamanan Natal dan tahun baru.

Demikian juga denganpengamanan pelaksanaan Asian Games ke-18 dan pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia yang membutuhkan langkah antisipatif, memerlukan perencanaan yang detail dan matang, agar segala potensi kerawanan dapat dicegah dari awal.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Pacitan Indartato, Anggota DPRD Pacitan Rudi Hartoyo, Ketua Pengadilan Negeri Pacitan Yogi Arsono, Kasdim 0801/Pacitan Mayor Inf. Tomy Fedi Anugrahan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Budiyanto.

Kemudian hadir juga pimpinan Ponpes Al Fattah Kikil Arjosari Burhanudin, Ketua KNPI Pacitan Mohamad Rofiqin dan sejumlah tokoh masyarakat.

Pewarta: Wahyu Sapto Hartono
Penyunting: Dwi Purnawan