Pacitan Ternyata Punya Bibit Atlet Paralayang Berbakat

oleh -131.399 views
Atlet Parayalang Aisyah Indika (memakai helm) saat mencoba terbang di Pantai Buyutan. (Foto: Hesti Suteki)

Pacitanku.com, DONOROJO – Kabupaten Pacitan ternyata memiliki bibit atlet paralayang berbakat. Adalah Aisyah Indika, siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri II Pacitan ini disebut menjadi bibit atlet untuk olahraga paralayang.

Ketua Federasi Aerosport Seluruh Indonesia (FASI) Pacitan, Arifin di sela soft launching paralayang di Pantai Buyutan, Desa Widoro Kecamatan Donorojo pada Senin (19/2/2018) kemarin menyebut bahwa Aisyah sempat meraih juara harapan.

“Baru sekali mengirim atlet untuk kejuaraan, alhamdulillah dapat penghargaan. Meski dengan peralatan dan fasilitas yang terbatas,”katanya.

Diketahui, Aisyah sukses meraih juara harapan pertama putri pada even kejuaraan daerah tahun 2017 di Bukit Glodagan, Desa Trantang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Saat soft launching tersebut, secara bergantian para atlet paralayang terbang. Bahkan Wakil Bupati Yudi Sumbogo dan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Endang Surjasri berkesempatan menikmati terjun tandem dengan para instruktur.

Satu lokasi bukit disisi timur jalan masuk ke pantai menjadi titik luncur yang dipilih pilot paralayang. Dipilihnya lokasi tersebut karena tiupan anginnya ideal sehingga mudah untuk menerbangkan parasutnya.

Di Pacitan sendiri ada dua lokasi sebagai kawasan olahraga paralayang dan gantole, yakni di Pantai Buyutan Desa Widoro Kecamatan Donorojo dan kawasan Mandi Angin di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku.

Federasi Aerosport Seluruh Indonesia (FASI) Pacitan menyebut bahwa dengan dasar lokasi yang representatif dan memenuhi syarat itu pula pengurus daerah Provinsi Jatim berencana menjadikannya sebagai salah satu lokasi menggelar kejuaraan Paralayang Liga Jatim 6 seri.

Ke-6 lokasi itu, yakni kabupaten Tulungagung dan Pantai Sidoluhur 9-11 Februari lalu, Kabupaten Malang 14-16 April, Kabupaten Pacitan pada 4-6 Mei, Kabupaten Tuban pada 27-29 Juli, Kabupaten Ponorogo pada 10-12 Agustus dan Pantai Modangan pada 16-18 November.

Selain itu, pada pertengahan tahun ini pula pantai Buyutan akan digunakan untuk pemusatan latihan sebelum mengikuti Paragliding Accuracy World Cup (PGAWC). (Humas Pacitan/RAPP002)