Lewat RTLH, 2000 Rumah Terdampak Bencana di Pacitan Segara Dibangun

oleh -101.127 views

Pacitanku.com, PACITAN – Komandan Tanggap Darurat Bencana Alam Pacitan Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang menyebut pihaknya akan segera melakukan pembangunn 2000 rumah terdampak bencana di Pacitan dalam program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

“Saat ini Rumah yg sudah di bangun dari bantuan Provinsi bekerja sama dengan Kodam V/ Brawijaya untuk rumah terdampak bencana sejumlah 440 unit rumah dan sebentar lagi akan dilaksanakan pembangunan 2000 Unit Rumah dalam Program RTLH,”katanya saat silaturahmi dan koordinasi antar relawan tanggap darurat pasca bencana, Jumat (26/1/2018) di ruang data Makodim 0801/Pacitan Jalan Letjen Suprapto nomor 40 Pacitan.

Lebih lanjut, Aris mengatakan bahwa data rumah terdampak bencana alam terkait input data tentang pembangunan yang sudah di laksanakan ada di kantor Kodim 0801/Pacitan.

Sebelumnya, berdasarkan rapat tiga pilar untuk melakukan validasi data rumah yang rusak akibat bencana alam di Pacitan pada Selasa (16/1/2018) dihasilkan data valid mengenai jumlah rumah rusak yang awalnya adalah 6.603 rumah rusak, dan dihasilkan keputusan bahwa rumah yang rusak akibat bencana alam di Pacitan berjumlah 3875 rumah.

Dalam kesempatan tersebut, sejumlah relawan yang hadir menyampaikan bahwa dalam rangka mengurangi dampak bencana perlu diadakannya kegiatan penghijauan dan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak menebang pohon secara berlebihan, serta penanaman Mangrove untuk mengurangi erosi di bibir pantai.

Hadir dalam diskusi dan silaturahmi relawan bencana tersebut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Windarto, Kepala Satpol PP Bambang Kaeran, Ketua RAPI Kristanto Prabowo dan sejumlah relawan bencana alam di Pacitan. (SRW/Pacitanku)