Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kencang Hingga Hari Senin

oleh -0 Dilihat
Seorang Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan kondisi cuaca. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat disertai petir dan angin kencang akan mengguncang beberapa wilayah Indonesia, selama lima hari atau pada 18-22 Januari 2018.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BMKG Hary Tirto Djatmiko menyebutkan, ada 21 provinsi yang diperkirakan akan mengalami hujan lebat dan disertai kilat. Provinsi tersebut di antaranya, Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta.

Lalu Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewah Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara dan Papua.

Untuk itu, Hary mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati akan dampak peningkatan potensi hujan, mulai pertengahan Januari 2018 ini.  “Diperkirakan potensi banjir, longsor, genangan, banjir bandang dan pohon tumbang turut meningkat,” ujar Hary dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (19/1/2018).

Sementara wilayah perairan Pulau Enggano, perairan Barat Lampung, Selat Sunda bagian Selatan, hingga perairan Selatan Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Barat ketinggian gelombang diperkirakan 2-4 meter.

Kondisi ini cukup berbahaya bagi para nelayan dan  masyarakat pesisir, antara lain di wilayah Pelabuhan Ratu, Pantai Pangandaran, Pantai Cilacap, Parang Tritis, Pantai Pacitan, dan Pantai Selatan Banyuwangi.

“Masyarakat diharapkan berhati-hati karena gelombang tinggi di wilayah pesisir Selatan Jawa cenderung meningkat pada sore hingga malam hari,” ujarnya.

BMKG menuturkan ada wilayah perairan yang diperkirakan akan terjadi ketinggian gelombang antara dua sampai empat meter. Kondisi ini cukup berbahaya bagi kapal nelayan dan juga masyarakat di pesisir.

Dari pantauan kondisi dinamika atmosfer terkini, terindikasi munculnya potensi hujan lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang di sekitar wilayah Indonesia dalam periode lima hari ke depan, yakni 18 sampai 22 Januari 2018.

Wilayah tersebut adalah Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, dan Papua.