11 Guru dan Tendik Pacitan Raih Penghargaan Anugerah Pendidikan

oleh
Anugerah Pendidik UPT Dinas Pendidikan Pacitan. (Foto: Bambang Hasto)

Pacitanku.com, PACITAN – Sebanyak 11 guru dan tenaga pendidikan di kabupaten Pacitan mendapatkan penghargaan anugerah pendidikan Pacitan.

“UPT Pendidkan Kecamatan Pacitan untuk pertama kalinya menyelenggarakan sebuah acara kreatif dalam upaya melecutkan kinerja guru dan prestasi pendidikan kecamatan,”kata Sutikno Ketua Panitia Anugerah Pendidikan Pacitan kepada Pacitanku.com pada Jumat (19/1/2018) di Pacitan.

Agenda penghargaan yang digelar pada Kamis (18/1/2018) tersebut dirangkaikan dengan pelepasan Subiyanto yang sebelumnya menjabat Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Pacitan dan kini memiliki tugas baru sebagai kepala seksi Pembinaan SD bidang Pembinaan Dikdas Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan.

“Anugerah perdana ini merupakan hasil pemikiran, pengamatan dan penilaian komprehenship. Dengan melihat berbagai aspek untuk menentukan kategori yang tepat, dan tidak terbnatahkan dari prestasi yang diraih oleh masing-masing penerima anugerah,”jelasnya.

Sementara, penggagas anugerah pendidikan Subiyanto menuturkan bahwa pihaknya merasa belum sempurna dalam menentukan pilihan kepada kandidat.

“Kami selaku penggagas utama Hari Anugerah Pendidikan ini merasa belum sempurna dalam menentukan pilihan kepada kandidat. Apalagi dalam prosesnya terhalang oleh adanya bencana besar Pacitan di akhir tahun 2017 lalu, sehingga pelaksanaan penganugerahan terpaksa mundur ke 2018 dan dirinya keburu mendapat tugas baru  di Dinas Pendidikan,”ungkapnya.

“Namun demikian, kami mengapresiasi acara ini bisa berlangsung sukses berkat kerja bareng semua awak pendidikan kecamatan Pacitan dinas transisi ini,”pungkas Subi.

Dalam kesempatan itu, adalah Bangun Narutama, kepala SD Alam Pacitan yang meraih prestasi tertinggi dalam manajemen pengelolaan sekolah.

Bangun sukses membawa sekolah  yang dipimpinnya mnejadi sekolah bertaraf internasional dengan meraih predikat sekolah inovatif tingkat Asean yang diselenggarakan oleh NGO dari Jepang.

Penghargaan itu diraih di event SEA MEO di Tailand akhir tahun 2017 lalu. Disusul kemudian kepala SDN Pacitan dan kepala SDIT ArRahmah. Masing masing meraih kategori sekolah inovatif prestatif promotif 2017.

Anugerah lain diterimakan kepada sembilan orang guru Pendidikan Jasmani, guru Pendidikan Agama dan penjaga SD multi peran serta guru TK dan Pamong Belajar KB.

Berikut daftar penerima anugerah tenaga pendidikan Pacitan

  1. Kepala SDN Inovatif prestatif 2017 Sujud Purnomo
  2. Kepala SD inovatif promotif Sogiran
  3. Kepala SD Swasta kreatif prestatif, visioner, 2017 Bangun Narutama
  4. Guru PJOK Kompetentif Slamet Sugiyono
  5. Guru Agama Kompetentif Moch. Arsyad
  6. Guru Kelas prestatif Vinta Margareta Dewi
  7. Kepala TK Prestatif Ani Rahayu
  8. Guru TK kreatif Jani Siti Rohani
  9. Pamong belajar KB Prestatif Susi Nurhayati
  10. Kepala KB Inspiratif Ratna Widiastuti
  11. Penjaga SD Kreatif Guswantoro

Pewarta: Bambang Asto
Penyunting: Dwi Purnawan