Indahnya Panorama Sungai Cokel Pringkuku dari Angkasa

oleh
Foto Sungai Cokel via @asrul_ashadi

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Setiap jengkal tanah dan air di Pacitan sepertinya merupakan petak-petak surga yang diturunkan Tuhan ke bumi. Ya, karena setiap jengkal tanah dan air tersebut memiliki daya tarik tersendiri yang patut kita syukuri dengan merawat dan melestarikannya. Salah satu tempat yang menarik adalah Sungai Cokel, yang terletak di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku.

Selain memang benar-benar indah saat mengarungi sungainya, sungai ini semakin memesona jika dilihat dari angkasa dengan menggunakan pesawat drone. Pacitanku.com mengunggah foto kiriman dari salah satu warga net yang memperlihatkan keindahan panorama sungai cokel yang memesona dari angkasa.

Sungai yang membiru ditambah ratusan pohon kelapa membuat daya tarik tersendiri di sungai yang terletak berada persis di dekat Pantai Watukarung ini.

Sungai ini terletak di Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Lokasinya berjarak sekitar 25 km dari pusat kota dan bisa dijangkau menggunakan kendaraan bermotor dengan memakan waktu kurang dari satu jam. Kali Cokel memiliki pemandangan yang sangat indah dengan deretan pohon kelapa di kanan-kirinya.

Ada dua cara menikmati keindahan sungai Cokel, yang pertama adalah berjalan dan menikmati keindahan kealamian sungai ini. ini bisa anda lakukan saat berkunjung ke sungai tersebut, menikmati sepoinya angin, jernihnya sungai, dan suguhan pemandangan berupa kelapa, tetumbuhan yang menghijau, dan panorama alam khas Pacitan yang berbukit.

Sementara, cara menikmati sungai Cokel yang kedua adalah berjalan diatas air. Tentu cara ini lebih sedikit membutuhkan nyali lebih, karena anda akan berjalan dan mendayung sebuah papan yang disebut Stand-Up Paddle Board (SUP). Dengan papan tersebut, anda berdiri dan mendayung, dan tentu bisa menikmati semua panorama sungai Cokel.

Stanp-Up Paddle Board ini sendiri sebenarnya adalah sebuah olahraga air yang berasal dari Hawaii, negara bagian di Amerika Serikat.

Namun jika di Hawaii, para peselancar mendayung di laut, kemudian melakukan  balapan di danau, sungai besar dan kanal, naik gelombang pecah, dan meluncur di atas jarak jauh sepanjang pantai laut. Biasanya, SUP ini sering memanfaatkan arah angin untuk membantu perjalanan.

Sungai Cokel punya pemandangan yang keindahannya boleh diadu.  Bahkan dalam beberapa foto yang diunggah di Instagram, sungai ini adalah spot favorit para bule untuk melakukan stand-up paddle board.

Nah, selamat menikmati akhir pekan dengan mengunjungi sungai Cokel ya lur.