Banjir Parah di Kebonagung, Warga Dievakuasi BPBD Pacitan

oleh -132.667 views
Perahu karet TRC BPBD Pacitan diterjunkan untuk menngevakuasi warga di Kebonagung. (Credit Photo: Amri Syaifuddin/WA Info Pacitan)

Pacitanku.com, KEBONAGUNG – Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur sejumlah titik di Kabupaten Pacitan sejak Senin (27/11/2017) hingga Selasa (28/11/2017) dini hai WIB mengakibatkan banjir terjadi di sejumlah titik. Adapun titik terparah terjadinya banjir di Desa Purwoasri, Kecamatan Kebonagung.

Berdasarkan laporan warganet yang diinformasikan melalui grup whatsapp (WA) massanger Info Pacitan yang dipantau Pacitanku.com, Selasa (28/11/2017) pagi, ketinggian air bahkan mencapai berkisar antara 30 centimeter hingga 100 centimeter.

Rumah warga di Kebonagung terendam air setinggi lutut orang dewasa. (Credit Foto: Rina Kurniasari/WA Info Pacitan)

“Untuk Dusun Purwosari, Desa Purwoasri sudah dipastikan terendam, pengalaman tahun tahun sebelumnya, lokasi dusun itu terendam lebih dari 1 m. Saat ini ketinggian air d rumah saya yang jika banjir tidak terendam, saat ini didalam rumah ketinggian air sekitar 70 cm, antara 30 – 100 cm di Dusun Padi, Desa Purwoasri, untuk Dusun Purwosari dipastikan lebih tinggi,”demikian laporan dari salah satu warganet, Agus Hariyanto.

Salah satu anggota TRC BPBD Pacitan mengecek kondisi banjir yang cukup tinggi di Kebonagung. (Foto Credit: Amri Syaifuddin/WA Info Pacitan)

Lebih lanjut, dia menuturkan bahwa warga di kawasan terdampak banjir parah tersebut dilakukan evakuasi. “Suara kentongandi Dusun Purwosari terus terdengar, lokasi tepatnya di daerah gerabah seni atau padi barong, ada himbauan waspada dari warga melalui speaker masjid, sekarang air makin meninggi, Dusun Padi beberapa warga sudah evakuasi, termasuk saya,”jelasnya.

Sementara, salah satu warganet lainnya, Amri Syaifudin juga melaporkan bahwa banjir cukup parah sudah melanda di beberapa titik, utamanya di pasar Pahing Purwoasri di seputaran warung soto. Tim evakuasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (PBPD) Pacitan mendengar laporan warga segera menerjunkan tim pada Selasa sekitar pukul 03.00 WIB.

Perahu karet TRC BPBD Pacitan diterjunkan untuk menngevakuasi warga di Kebonagung. (Credit Photo: Amri Syaifuddin/WA Info Pacitan)

Nampak dalam foto, perahu evakuasi Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Pacitan sudah berada di lokasi. “Tim evakuasi sudah di TKP, menyelamatkan salah satu warga yang sakit,”kata Amri.

Warganet lain, Rina Kurniasari juga melaporkan kondisi serupa yang menerjang rumahnya. “Air sudah masuk ke rumah, lokasi Dusun PadiIya, di dalam rumah sudah 1,5 meter,”ujarnya.

Selain banjir parah di Kebonagung, sejumlah titik lain di Pacitan juga diterjang banjir. Seperti di RT 03 Dusun Krajan, Desa Sirnoboyo Pacitan, air sudah masuk ke beberapa rumah warga setempat. (RAPP002)